blank
Ilustrasi Susu. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Susu merupakan salah satu minuman yang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Hal tersebut dikeranakan susu memiliki kandungan nutrisi yang lengkap untuk tubuh, mulai dari memperkuat tulang, hingga memberikan asupan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Jenis susu yang paling sering dikonsumsi adalah susu sapi.

Tubuh kita membutuhkan beragam nutrisi agar organ-organ tubuh bisa berfungsi dengan baik dan terlindungi dari zat atau kuman penyebab penyakit. Secara umum, nutrisi terbagi menjadi dua jenis, yaitu makronutrisi dan mikronutrisi.

Namun, tidak semua bisa dan suka mengonsumsi susu sapi. Misalnya, karena ia adalah seorang vegetarian. Namun, kamu dengan kondisi ini tak perlu khawatir. Ada alternatif lain, yaitu susu kedelai yang juga kaya akan manfaat. Nah, berikut ini 5 diantaranya.

Baca Juga: Tak Hanya Susu Sapi, 5 Manfaat Susu Kambing bagi Kesehatan Tubuh

1. Membantu Proses Diet
Susu kedelai tinggi akan serat dan protein nabati yang dapat membantumu dalam proses menurunkan berat badan. Kandungan seratnya akan memperlancar pencernaan, sehingga feses tidak menumpuk di usus. Jadi, kamu bisa terhindar dari perut buncit.

Lalu, protein nabati mampu memberimu energi karena kurangnya asupan karbohidrat selama diet.

2. Menjaga Kesehatan Tulang
Tak hanya susu sapi, susu kedelai juga mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulangmu, lho. Jadi, pengeroposan tulang atau osteoporosis bisa dicegah dengan rutin mengonsumsinya.

Kemudian, ada kandungan vitamin K yang juga meningkatkan kepadatan gigi serta tulang, sehingga tetap kuat.

3. Mengurangi Risiko Kanker
Susu kedelai juga mampu mengurangi berbagai risiko kanker seperti, usus besar. Pasalnya, kandungan butyrate pada susu ini berfungsi sebagai antiinflamasi. Maknanya, mampu mengobati gangguan yang dialami usus.

Selain itu, risiko kanker payudara juga dapat dikurangi dengan susu kedelai ini, karena pertumbuhan kadar estrogen yang mampu dicegah olehnya.

Baca Juga: Baik Untuk Jantung, Ini 5 Manfaat Mengonsumsi Susu Sebelum Tidur

4. Menurunkan Tekanan Darah
Menurut penelitian, tekanan darah para penderita hipertensi lebih cepat turun saat mengonsumsi susu kedelai ketimbang susu sapi.

Hal ini disebabkan susu kedelai yang mengandung kolesterol baik, sehingga aman dikonsumsi bagi kamu penderita tekanan darah tinggi.

5. Memelihara Jantung
Kandungan vitamin, mineral, dan lemak trans pada susu kedelai dianggap baik untuk memelihara kesehatan jantung.

Lalu, kadar lipid (asam lemak) pada plasma dapat ditingkatkan dengan susu ini. Proses ini mampu menghindarimu dari risiko penyakit jantung.

Nah, itulah lima manfaat susu kedelai yang ternyata baik bagi kesehatan.