blank
Ilustrasi susu. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Susu adalah salah satu minuman yang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Hal tersebut dikeranakan susu memiliki kandungan nutrisi yang lengkap untuk tubuh, mulai dari memperkuat tulang, hingga memberikan asupan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Jenis susu yang paling sering dikonsumsi adalah susu sapi.

Namun tak hanya susu sapi yang kaya akan manfaat,  tetapi kambing juga bisa dimanfaatkan susunya dan keberadaannya sendiri sudah cukup populer. Susu dari hewan ini memiliki rasa yang tidak jauh berbeda dari sapi. Begitu pun dengan nutrisinya.

Berbagai kandungan yang terdapat pada susu sapi dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Nah, di bawah ini ada 5 diantaranya yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga: Baik Untuk Jantung, Ini 5 Manfaat Mengonsumsi Susu Sebelum Tidur

Dilansir dari Suara.com, berikut 5 manfaat susu kambing bagi tubuh?

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Susu kambing mengandung asam amino triptofan yang dapat membantu tubuh dalam menghasilkan serotonin. Hormon ini berfungsi untuk mengatur suasana hati serta memicu bagian otak yang mengendalikan waktu bangun dan tidur.

Jika tubuhmu tahu waktu tersebut, siklus tidur pun tentu menjadi lebih baik. Kamu dapat terlelap dengan mudah dan kualitasnya juga akan tetap terjaga. Dengan begitu, bisa terhindar dari insomnia yang kurang baik bagi kesehatan.

2. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Susu kambing juga memiliki prebiotik, yaitu asupan untuk bakteri baik yang terdapat pada tubuh. Jika jumlahnya normal atau meningkat, maka proses metabolisme akan menjadi lebih baik.

Pasalnya, jenis yang baik ini akan membantu kinerja usus untuk mencerna makanan serta melawan bakteri jahat. Dengan begitu, susu kambing berkhasiat dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Baca Juga: Memicu Risiko Penyakit Jantung, Tiga Efek Samping Mengonsumsi Susu Cokelat Secara Berlebihan

3. Memelihara Jantung

Berkat kandungan kalium-nya, susu kambing diketahui dapat menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Cara kerjanya sendiri adalah dengan mengurangi kadar natrium pada tubuh yang dapat menyebabkan hipertensi.

Jika tekanan darah lebih terkontrol, jantung yang berperan memompa darah tidak perlu bekerja terlalu keras. Dengan begitu, kesehatannya akan tetap terjaga sehingga kamu bisa terhindari berbagai gangguan.

4. Baik untuk Kulit

Tak hanya baik bagi jantung, asam lemak yang terdapat pada susu kambing ternyata bisa untuk memelihara kesehatan kulit. Kadar asam laktat ini juga mampu membantu membersihkan tubuh dari sel kulit mati, sehingga warnanya menjadi lebih cerah.

Baca Juga :Selain Sebagai Sumber Energi, Ini 10 Manfaat Susu bagi Ibu Hamil

5. Rendah Lemak

Meski daging kambing dihindari karena dipercaya dapat meningkatkan kolesterol, justru susunya ini dikenal memiliki rendah lemak. Di dalamnya terkandung linoleat serta arakidonat.

Kedua asam lemak esensial tersebut menjadi sumber energi yang mudah dibakar dan tidak disimpan dalam tubuh. Untuk itu, pengendapan kolesterol semakin rendah sekaligus mengurangi risiko penyakit jantung.

Itulah lima manfaat susu kambing yang ternyata tidak kalah jauh dari sapi. Usai membaca poin-poin diatas, apakah kamu tertarik untuk mengonsumsinya?

Claudia