blank
Ilustrasi ibu hamil dan susu. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Minum susu selama kehamilan dapat memenuhi sebagian kebutuhan kalsium. Susu pada ibu hamil juga memiliki efek baik untuk pertumbuhan janin dan membantu bayi tumbuh tinggi. Bayi juga memiliki kadar insulin yang lebih tinggi dalam darahnya selama remaja akhir untuk menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Hal penting yang dibutuhkan ibu selama kehamilan adalah nutrisi. Susu bisa menjadi sumber yang kaya nutrisi. Seorang ibu hamil harus mengonsumsi setidaknya tiga gelas susu ibu hamil atau susu non-fat ataupun susu normal lainnya setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi secara alami.

Dilansir dari ibudanbalita.com, berikut ini beberapa manfaat dan pentingnya memilih susu ibu hamil yang bagus untuk perkembangan janin, di antaranya:

Baca Juga: Alergi Susu Sapi? Yuk Simak Lima Alternatif Penganggti Susu yang Baik untuk Kesehatan

1. Sebagai sumber energi bagi ibu hamil

Susu ibu hamil yang bagus adalah susu yang tinggi protein dan karbohidrat, yang dapat menjadi salah satu sumber energi yang dibutuhkan selama kehamilan. Kedua zat gizi makro ini berperan penting untuk memberikan energi bagi Ibu untuk beraktivitas sehari-hari, serta energi bagi janin dalam kandungan.

Untuk menambah energi, Ibu bisa minum susu ibu hamil yang bagus di pagi hari dan malam hari sebelum tidur, tentunya dengan diimbangi oleh asupan makanan bergizi seimbang lainnya serta pola hidup sehat aktif.

2. Meningkatkan daya tahan Ibu

Ada beberapa asupan nutrisi yang berperan penting untuk meningkatkan sistem imun agar terhindar dari risiko berbagai penyakit, seperti protein, vitamin C, vitamin D, zat besi, magnesium, dan zinc. Nah, asupan nutrisi-nutrisi tersebut juga harus terkandung dalam susu untuk ibu hamil agar daya tahan tubuh semakin meningkat.

Baca Juga: Bahayakah Minum Susu Setelah Minum Obat? Yuk Simak…

3. Berpengaruh pada Tumbuh Kembang Bayi

Susu ibu hamil yang bagus juga akan mempengaruhi kesehatan tubuh dan perkembangan otak janin. Bayi yang lahir dari ibu yang sering mengonsumsi susu saat hamil cenderung memiliki kekebalan tubuh yang lebih kuat, tubuh yang lebih tinggi, serta kadar insulin yang tinggi dalam darah. Dengan begitu bayi akan memiliki resiko terkena penyakit diabetes tipe II yang lebih rendah saat sudah dewasa nanti.

4. Memperlancar ASI

Manfaat susu ibu hamil yang bagus juga bisa dirasakan setelah ibu melahirkan, yaitu akan memperlancar keluarnya ASI berkat adanya kandungan kalsium di dalamnya. ASI tidak lancar sering menjadi momok bagi para ibu karena takut kebutuhan si Kecil tidak tercukupi. Bila produksi ASI lancar, maka bayi pun akan tumbuh dengan sehat dan normal.

5. Membantu Pembentukan Tulang dan Gigi

Seperti yang Ibu ketahui, susu untuk ibu hamil kaya akan kandungan protein, kalsium, dan vitamin D yang penting untuk meningkatkan kesehatan tulang Ibu selama masa kehamilan.

Selain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, ternyata nutrisi-nutrisi penting tersebut tak hanya penting bagi Ibu, tetapi penting juga untuk pembentukan tulang dan gigi bayi dalam kandungan lho. Itulah sebabnya, susu ibu hamil yang bagus tak hanya diperuntukan bagi ibu, tetapi juga bagi si Kecil sejak dalam kandungan hingga masa menyusui.

Baca Juga: Dapat Meningkatkan Fungsi Otak, Lima Manfaat Susu Bagi Kesehatan

6. Mengurangi Resiko Anemia

Banyak ibu hamil terserang anemia di masa kehamilan. Hal ini bisa diakibatkan oleh kurangnya pasokan darah ke tubuh. Ibu pun jadi lebih mudah sakit serta sering merasakan pusing dan lelah. Dibutuhkan zat besi yang cukup untuk ibu hamil yang bisa didapat dari susu ibu hamil yang bagus yang wajib dikonsumsi secara rutin.

7. Membantu Memperbaiki Sel dan Jaringan Tubuh

Beberapa jaringan seperti otot, hati, jantung, mata, dan kulit pada ibu hamil dan janin sangat rentan terhadap kerusakan. Oleh karenanya harus dijaga dan diperbaiki kualitasnya. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi susu ibu hamil yang bagus berkat adanya kandungan protein di dalamnya.

8. Menambah berat badan lebih sehat

Sebagian besar Ibu hamil bisa jadi mengalami penambahan berat badan yang cukup drastis dan sebenarnya hal tersebut termasuk kondisi yang wajar. Namun, pastikan penambahan berat badannya lebih sehat dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan untuk memenuhi kebutuhan gizi, termasuk minum susu ibu hamil.

Selain itu, manfaat ini cukup penting bagi Ibu yang kesulitan menaikkan berat badan selama hamil; karena menurut penelitian, susu ibu hamil yang bagus bisa menjadi solusi bagi Ibu hamil untuk menaikkan berat badan. Dibandingkan mengonsumsi makanan atau camilan tidak sehat di malam hari, sebaiknya Ibu meminum susu ibu hamil yang bagus yang kaya nutrisi penting.

Baca Juga: Tak Bisa Lepas dari Cokelat? Simak Lima Tips Mengonsumsi Cokelat Tanpa Khawatir

9. Meningkatkan Kualitas Air Ketuban

Air ketuban pada ibu hamil sangatlah berperan penting bagi kesehatan janin dalam kandungan. Namun tak jarang beberapa ibu mengalami masalah berupa air ketuban keruh ataupun mengandung bakteri.

Ternyata susu ibu hamil yang bagus dapat membantu meningkatkan kualitas air ketuban. Bila air ketuban bagus berarti kesehatan janin pun ikut terjaga.

10. Memperbaiki Plasenta

Selain meningkatkan kualitas air ketuban, susu ibu hamil yang bagus juga dapat memperbaiki plasenta ibu. Menjadi satu-satunya jalan makan yang menghubungkan nutrisi antara janin dan ibu, plasenta sangat membutuhkan protein yang cukup. Kandungan tersebut ada pada susu untuk ibu hamil.

Itulah tadi sepuluh manfaat susu bagi ibu hamil, sebaiknya perhatikan jumlah nutisi yang masuk.

Claudia