blank
Ilustrasi. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Coklat merupakan makanan yang sangat disukai oleh berbagai kalangan masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sekalipun.

Coklat bukan hanya makanan yang cocok untuk dimakan langsung atau dicampur dengan olahan makanan lain, tak hanya lezat, manis dan bertekstur lembut.

Coklat juga mempunyai nutrisi penting untuk menjaga gaya hidup tetap sehat. Namun, kebanyakan orang masih takut atau khawatir saat mengkonsumsi coklat.

Baca Juga: Mengapa Valentine Selalu Identik dengan Cokelat? Yuk Simak Lebih Lanjut

Dilansir dari Hellosehat.com, bagi Anda yang tidak bisa ‘melepaskan’ cokelat dari makanan Anda sehari-hari, jangan khawatir! Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menyiasati dampak cokelat terhadap tubuh Anda, sehingga Anda tetap bisa mengonsumsi cokelat tanpa harus khawatir berat badan Anda bertambah setiap harinya.

1. Atur porsi makan cokelat tiap hari

Jika Anda benar-benar tidak bisa jika tidak makan cokelat tiap harinya, pastikan Anda mengatur porsi cokelat yang hendak Anda makan setiap harinya dan jangan dilanggar. Artinya, Anda tetap bisa makan cokelat tiap hari namun pada jumlah yang telah Anda tentukan untuk diri sendiri.

Tentu saja tidak pada jumlah yang banyak, yang penting Anda tetap bisa menikmati kelezatan cokelat yang Anda sukai setiap hari.

2. Pilih cokelat dengan kalori lebih rendah

Kalori pada cokelat susu lebih tinggi dibandingkan kalori pada dark chocolate, sehingga pilihlah dark chocolate jika Anda ingin mengonsumsi cokelat setiap hari. Apalagi, dark chocolate lebih mengenyangkan dibandingkan cokelat susu sehingga Anda tetap akan merasa kenyang dan senang hanya dengan dark chocolate.

Baca Juga: Benarkah Cokelat Membuat Wajah Jerawatan? Yuk Simak Mitos dan Faktanya

3. Imbangi dengan makanan sehat

Meski Anda ingin makan cokelat tiap hari, usahakan untuk mengimbangi asupan gizi harian Anda dengan makanan sehat lain seperti sayuran, buah-buahan, dan gandum. Sehingga selain cokelat, tubuh Anda tetap sehat dengan asupan gizi lainnya. Dengan begitu, kalori yang Anda konsumsi bisa seimbang.

4. Konsumsi cokelat dalam bentuk lain

Konsumsi cokelat harian Anda dalam bentuk lain. Misalnya, Anda biasa mengonsumsi kopi pada pagi hari dan makan cokelat kemudian. Daripada menumpuk kalori, sebaiknya ganti kopi yang biasa Anda minum pagi hari dengan asupan cokelat dalam bentuk minuman, seperti cokelat hangat. Sehingga, Anda pun tidak bosan dalam mengonsumsi cokelat. Cokelat dalam bentuk minuman memiliki manfaat kesehatan yang lebih baik dibandingkan dengan cokelat batangan.

5. Kurangi asupan makanan lainnya

Jika Anda lebih memilih untuk mengonsumsi cokelat setiap hari, maka Anda harus rela mengurangi asupan kalori Anda pada makanan lainnya jika Anda tidak ingin berat badan Anda meningkat karena terlalu banyak makan cokelat.

Bayangkan bahwa cokelat adalah ‘hadiah’ untuk diri Anda dari diri Anda sendiri, oleh sebab itu jangan memaksakan diri untuk makan makanan lain yang mengandung kalori tinggi karena dengan begitu berat badan Anda akan tetap melonjak.

Claudia