blank
Ilustrasi susu almond. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Susu adalah salah satu minuman yang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Hal tersebut dikeranakan susu memiliki kandungan nutrisi yang lengkap untuk tubuh, mulai dari memperkuat tulang, hingga memberikan asupan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Jenis susu yang paling sering dikonsumsi adalah susu sapi.

Namun sayangnya, tidak semua orang dapat mengonsumsi susu sapi dikarenakan sebagian dari mereka mengalami alergi susu maupun laktosa yang ada di dalam susu sapi. Lalu, bagaimana cara tubuh kita mendapatkan nutrisi serta vitamin yang cukup dari susu sapi jika kita tidak bisa mengkonsumsi susu sapi?

Tidak perlu khawatir, karena ternyata banyak susu yang dapat dijadikan alternatif pengganti dari susu sapi. Jadi, kita tetap bisa bisa mendapatkan nutrisi serta vitamin yang cukup yang terkandung dari susu tanpa takut terkena alergi.

Dilansir dari Suara.com nah, berikut ini lima alternatif pengganti susu sapi.

Baca Juga: Bahayakah Minum Susu Setelah Minum Obat? Yuk Simak…

1. Susu Almond

Alternatif pengganti susu sapi yang pertama adalah susu almond merupakan pengganti susu sapi yang dapat dikonsumsin oleh orang-orang yang memiliki alergi terhadap susu sapi. Susu almond ini terbuat dari kacang almond yang diblender dengan air kemudian hasil dari blender tersebut disaring.

Susu almond ini memiliki tekstur yang ringan saat diminum serta rasa yang sedikit manis. Susu almod ini juga merupakan sumber vitamin E dan juga dapat membantu untuk melindungi tubuh kita dari radikal bebas.

2. Susu kedelai

Selain susu almond, susu kedelai juga dapat djadikan sebagai pengganti susu sapi loh. Susu kedelai ini sebenarnya adalah susu yang paling sering dikonsumsi setelah susu sapi karena susu kedelai ini mudah ditemukan.

baca Juga:” Dapat Meningkatkan Fungsi Otak, Lima Manfaat Susu Bagi Kesehatan

Selain itu, susu kedelai ini juga memiliki kandungan yang tidak jauh beda dengan susu sapi. Bahkan jika dilihat dari jumlah kalori, lemak, dan karbohidrat yang dimiliki susu kedelai ini lebih rendah dibandingkan dengan susu sapi.

3. Susu Oat

Alternatif susu yang ketiga adalah susu oat. Susu Oat ini berbahan dasar oatmeal yang memiliki jumlah kalori yang sama dengan susu sapi, karbohidrat yang lebih besar dari susu sapi, dan setengah jumlah lemak dan protein dari susu sapi.

Menariknya, susu oat ini kaya akan serat total dan beta–glukan. Gel beta–glukan ini mampu mengikat kolesterol dan mampu untuk mengurangi penyerapan di dalam tubuh.

Baca Juga: Beda Cara Penggunaan, 7 Jenis Coklat yang Kaya akan Manfaat

4. Susu Mete

Susu Mete adalah susu yang terbuat dari kacang meta yang diblender halus dengan air. Susu ini memiliki rasa yang manis sedikit pedas dan bertekstur halus. Susu kacang mete ini mengandung kurang dari sepertiga kalori yang ada di susu sapi.

Kandungan karbohidrat yang ada dalam susu mete ini bisa dibilang cukup rendah sehingga susu kacang mete ini bagus untuk dikonsumsi oleh orang yang memiliki diabetes karena susu ini tidak terlalu memberikan rasa yang manis.

5. Santan

Alternatif pengganti susu sapi yang terakhir adalah santan. Santan memiliki tekstur yang creamy dan rasa dari kelapa yang manis. Santan memiliki kandungan protein dan karbohidrat yang rendah jika dibandingkan dengan semua susu non diary.

Mungkin santan bukanlah pilihan yang tepat untuk dijadikan sebagi alternatif pengganti susu sapi namun santan ini akan cocok bagi mereka yang ingin untuk mengurangi asupan karbohidrat mereka.

Itulah lima alternatif pengganti susu sapi yang punya banyak manfaat untuk kesehatan. Gimana, jadi sekarang tidak ada alasan lagi kan untuk tidak mengonsumsi susu. Jangan jadikan alergi sebagai penghalang bagi kalian mengonsumsi susu, ya. Sebab, susu memiliki manfaat serta sumber vitamin yang baik bagi tubuh kalian, loh!

Claudia