blank
Ilustrasi Susu Putih. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Minum susu sebelum tidur ternyata mempunyai dampak kesehatan yang sangat banyak bagi tubuh, namun hal ini belum benar-benar diketahui oleh banyak orang di luar sana Ternyata mengonsumsi susu sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang karena susu mengandung tryptophan dan asam amino yang bisa membantu tidur lebih nyenyak.

Selain itu, susu juga mengandung hormon melatonin dan hormon ini diproduksi alami tubuh berperan penting untuk mengatur pola tidur. Kemudian fungsi hormon ini adalah membantu tubuh untuk mengetahui kapan waktu untuk tidur dan terjaga serta mengatasi berbagai gangguan tidur.

Tidak hanya mengatasi gangguan tidur, susu juga dapat mengurangi risiko terkena berbagai macam penyakit mematikan misalnya jantung dan stroke.

Dirangkum dari Suara.com, berikut ini adalah manfaat minum susu sebelum tidur.

1. Membuat Tulang Kuat

Dalam susu mempunyai kandungan yang tinggi fosfor, kalsium dan mineral yang sangat baik untuk menjaga tulang dan gigi tetap kuat. Kemudian susu juga dapat memelihara dan menggantikan sel-sel yang rusak.

2. Menjaga Tubuh Tetap Sehat

Kandungan magnesium dalam susu dapat membuat jantung dan beberapa saraf lainnya tetap dalam keadaan normal. Magnesium ini fungsinya untuk mengatasi kelelahan atau rasa lelah setelah seharian penuh beraktivitas.

3. Baik untuk Kesehatan Jantung

Jenis susu sapi organik dan susu sapi rendah lemak jenuh ini adalah baik untuk kesehatan jantung. Pasalnya mengandung kalium seperti potasium yang dapat meningkatkan vasodilatasi dan menurunkan tekanan darah. Hal ini akan membuat kita terhindar dari risiko penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah).

4. Mencegah Diabetes

Nutrisi dan mineral yang ada pada susu dapat membantu memperbaiki masalah pencernaan dan kadar-kadar insulin dalam tubuh. Dengan ini susu dapat mengurangi risiko diabetes, namun pilihlah jenis susu rendah gula atau tanpa adanya gula tambahan.

5. Meningkatkan Vitamin D

Dengan minum susu setiap hari dapat memberikan tubuh berupa vitamin D dan ini berfungsi dalam menjaga mood serta mendukung produksi serotonin dalam tubuh. Hormon serotonin ini dapat membantu kita untuk menjaga pola tidur dan juga mengatur nafsu makan.

Demikianlah lima manfaat minum susu sebelum tidur. Semoga bermanfaat.

Claudia