blank

JAKARTA (SUARABARU.ID): Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Ukraina untuk Republik Indonesia Vasyl Hamianin Selasa (30/5) diterima Ketum DPP LVRI Letjen TNI Purn.HBL.Mantiri di Mabes LVRI. Kunjungan Dubes kelahiran Desember 1971 didampingi Sekretaris II Mrs Svitlana Kovtun, sedang Ketum didampingi Karo Hublu/Veconac Nur.S.Rahardjo. Pertemuan berlangsung dalam suasana persahabatan yang hangat. Dubes Ukraina yang mengaku anak dari seorang veteran Ukraina itu menyatakan dirinya adalah pengagum Jenderal Sudirman. … ”Pak Dirman My Hero”, ungkapnya.

blank

Sebagai bukti kecintaannya akan Jenderal Sudirman, dubes yang raih gelar Ph.D dalam Sejarah Dunia (2001) itu menyerahkan kalender bergambar Jenderal Sudirman. Di situ ia menuliskan quotes dalam bahasa Ukraina: “Jenderal Sudirman adalah Panglima Besar yang pemimpin pasukan dalam Perang Kemerdekaan 1946 -1949. Meski dalam kondisi sakit berat, Sudirman tetap bersemangat berjuang dengan bergerilya memimpin untuk memerangi dan mengusir penjajah”.
Vasyl Hamianin dikenal sebagai diplomat muda berusia 52 tahun itu terkesan sangat supel dan sudah mengenal banyak sejumlah daerah di Indonesia. Karier diplomat dimulai dari dari tahun 2002 hingga 2010 menduduki berbagai posisi diplomatik diantaranya di Kementerian Luar Negeri Ukraina, Kedutaan Besar Ukraina di Republik Rakyat Tiongkok, Sekretariat Verkhovna Rada (Dewan Tertinggi) Ukraina. 2011-2015 bertugas di Kedutaan Besar Ukraina di Republik Rakyat Tiongkok sebagai Minister-Counsellor dan Charge d’Affaires. 2020-2021 – Wakil Direktur Departemen Teritorial ke-4, Kementerian Luar Negeri Ukraina. Pada tanggal 30 Juli 2021, diangkat sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Ukraina.
Misi kunjungan ke Mabes LVRI bertujuan mengusulkan diadakannya kerjasama Veteran Ukraina dengan Legiun Republik Indonesia, draf proposal dimaksud akan dikirim melalui email untuk dipelajari lebih lanjut oleh LVRI. Acara kunjungan diakhiri dengan tukar menukar cendera mata.