blank
SDG Jateng menggelar pelatihan pembuatan pakan silase untuk ternak kambing, di Dusun Wajong Kulon Desa Sudimoro, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jateng. Foto: Dok/SDG

Di Indonesia sendiri terdapat dua musim, yakni musim kemarau dan penghujan. Saat kemarau, peternak beberapa kali kesulitan mencari pakan ternak.

“Untuk mempertahankan dan mengawetkan, akan dilakukan fermentasi pakan silase, sehingga bisa bertahan lama untuk perkembangan ternak,” katanya.

Gus Mukti berharap peternak di dusun tersebut langsung menerapkan pembuatan pakan silase yang inovatif. Untuk mendukung pembuatan pakan tersebut, pihaknya memberikan alat pencacah rumput.

“Kami berharap masyarakat Klaten dapat mempraktikkan dan memanfaatkan bantuan alat ini untuk pembuatan pakan silase, sehingga bisa menunjang peternakan di masa mendatang. Kami memberikan alat pencacah rumput untuk fermentasi pakan silase kepada peternak,” ujarnya.

Menurut Gus Mukti, masyarakat yang hadir sangat bersemangat mengikuti jalannya pelatihan yang disampaikan praktisi peternakan yang didatangkan SDG Jateng.

Ia menyebut, pihaknya sangat terinspirasi dari sosok Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang sangat mempedulikan peternak dan petani.

“Kami melihat masyarakat sangat antusias. Kami berterima kasih kepada mereka. Kami juga terinspirasi dari apa yang dilakukan Pak Ganjar di Jateng atas kepeduliannya kepada peternak dan petani, sehingga apa yang dilakukan Pak Ganjar, kami tiru dan contoh di Kabupaten Klaten,” ungkapnya.