Ilustrasi manfaat buah belimbing untuk kesehatan. Foto: Dok/Sehatq.com

4. Menyeimbangkan kadar gula darah
Mengontrol kadar gula darah adalah salah satu manfaat belimbing untuk kesehatan bagi pasien diabetes. Tingginya kandungan serat yang dikandung buah belimbing membuatnya bermanfaat dalam membantu darah menyerap glukosa secara perlahan, serta menyeimbangkan kadar gula dalam darah.

Serat larut juga dipercaya membantu mengurangi kadar gula darah dengan cara memperlambat laju penyerapan karbohidrat oleh tubuh.

5. Berpotensi menurunkan kolesterol
Tahukah kamu kalau buah belimbing bermanfaat untuk mencegah kolesterol tinggi? Buah ini mengandung serat larut, yakni jenis serat yang bisa larut dalam air dan membentuk senyawa seperti gel.

Menurut sebuah studi dalam jurnal Nutrients serat larut yang dikandung buah belimbing memiliki kemampuan untuk mrnurunkan kolesterol. Kendati demikian, diperlukan lebih banyak studi guna memperkuat manfaat buah belimbing untuk kolesterol ini.

6. Menurunkan berat badan
Berkat kandungan seratnya yang tinggi, manfaat belimbing lainnya adalah meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu proses menurunkan berat badan. Terlebih lagi, kalori belimbing yang cukup rendah membuatnya cocok dijadikan camilan saat kamu merasa lapar.

7. Memperkuat sistem imun
Belimbing mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Keberadaan antioksidan ini dapat membantu tubuh memproduksi jumlah sel darah putih yang tepat sehingga memperkuat sistem kekebalan tubuh kamu.

8. Menyehatkan sistem pencernaan
Khasiat belimbing untuk sistem pencernaan cukup menjanjikan. Sebab, buah ini mengandung serat yang dinilai bisa merangsang pergerakkan feses dalam sistem pencernaan.

Maka dari itu, manfaat dari buah belimbing ini dianggap bisa meredakan gejala sembelit, perut kembung, kram, dan diare.

Ning S