blank
Ilustrasi manfaat buah belimbing untuk kesehatan. Foto: Dok/Sehatq.com

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Buah belimbing memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Buah yang bentuknya unik ini dipercaya dapat menyehatkan jantung, mencegah peradangan, hingga sistem pencernaan.

Buah belimbing (Averrhoa carambola) yang rasanya manis dan sedikit asam banyak disukai orang. Di balik kelezatannya, ternyata manfaat buah belimbing baik untuk kesehatan.

Dilansir dari Sehatq.com, dalam satu buah belimbing berukuran sedang (91 gram), terkandung berbagai nutrisi, simak!

Kalori: 28
Karbohidrat: 6,1 gram
Protein: 1 gram
Serat: 2,5 gram
Kaium: 121 miligram
Vitamin C: 31,3 miligram
Fosfor: 10,9 miligram
Magnesium: 9,1 miligram
Kalsium: 2,73 miligram
Natrium: 1,8 miligram.

Lantas, apa saja manfaat buah belimbing untuk kesehatan? Simak yuk..

1. Menyehatkan jantung
Salah satu manfaat buah belimbing adalah menyehatkan jantung. Pasalnya, buah tropis ini mengandung kalium dan natrium. Kedua elektrolit tersebut dipercaya membantu mengontrol tekanan darah dan menjaga kesehatan kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah).

2. Meningkatkan kesehatan sistem pernapasan
Berdasarkan sebuah studi dalam Pharmacognosy Journal, khasiat buah belimbing dinilai bisa meningkatkan kesehatan sistem pernapasan. Dalam riset itu, sejumlah ahli mencoba mengkombinasikan jus buah belimbing dan madu, lalu memberikannya kepada pasien penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

Hasil akhir dari studi tersebut menyebutkan bahwa campuran jus buah belimbing, madu, senyawa antioksidan dan antiradang bisa meringankan PPOK serta membantu memperbaiki masalah pernapasan. Meski demikian, manfaat jus belimbing ini masih perlu dikaji lebih lanjut efektivitasnya.

3. Meningkatkan kualitas tidur
Meningkatnya kualitas tidur juga termasuk manfaat buah belimbing untuk kesehatan. Alasannya, buah ini dilengkapi dengan magnesium mineral yang diyakini bisa membantu kamu untuk tidur.

Di samping itu, kandungan magnesium buah belimbing juga membantu mengaktivasi senyawa kimia asam gamma-aminobutirat (GABA) yang dinilai berperan dalam membuat kamu terlelap.