blank
ilustrasi teh. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Teh merupakan salah satu jenis minuman yang sering dikonsumsi oleh banyak orang. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat teh memiliki kandungan antioksidan yang dapat memberikan manfaat baik bagi kesehatan, rasanya yang lezat, dan penyajiannya yang mudah.

Ada beragam jenis teh yang bisa dikonsumsi dengan masing-masing manfaat yang ditawarkannya, seperti teh hitam, teh putih, dan teh hijau yang mampu mencegah kanker, serta teh oolong yang dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam darah, seperti dikutip pada laman Webmd.

Dilansir dari Suara.com meski memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan, konsumsi teh secara berlebihan justru dapat menimbulkan efek samping bagi tubuh.

Baca Juga: Serupa Tapi Tak Sama, Yuk Cari Tahu 4 Perbedaan Matcha dan Teh Hijau

Lantas, seperti apa penjelasannya? Melansir dari laman Livestrong berikut lima efek samping akibat terlalu banyak mengonsumsi teh.

1. Menyebabkan Insomnia

Seperti halnya kopi dan softdrink, teh juga memiliki kandungan kafein dalam jumlah yang tinggi, yakni sebesar 40 mg per cangkirnya. Jika teh hanya dikonsumsi sebanyak 1 atau 2 gelas per hari, mungkin tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap pola tidur.

Namun, jika kamu mengonsumsi teh hingga 5 gelas per hari atau lebih, maka efek samping berupa insomnia akan muncul. Kondisi ini tidak hanya mengganggu kualitas tidur, namun juga berisiko menyebabkan kelelahan yang berpotensi menurunkan produktivitas.

2. Kecanduan

Tak hanya insomnia, konsumsi kafein dalam jumlah yang berlebih juga memicu efek ketergantungan atau kecanduan. Sebab, kafein merupakan zat stimulan yang memang menyebabkan rasa candu. Kondisi ini mirip seperti kecanduan nikotin pada rokok, dimana kamu tidak mampu menahan keinginan untuk mengonsumsi teh secara terus menerus.

Baca Juga: Mampu Mencegah Kanker, Yuk Simak 5 manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan Kulit Wajah

3. Rasa Gelisah

Efek kelebihan kafein pada tubuh juga bisa memicu terjadinya gangguan emosional pada tubuh seseorang. Kondisi ini ditandai dengan rasa gelisah, cemas, dan sulit untuk fokus. Pada beberapa kasus, rasa gelisah juga disertai oleh sakit kepala, jantung berdebar, hingga pusing dan mual.

4. Anemia

Bagi orang yang memiliki masalah dalam penyerapan zat besi dan gangguan perdarahan, terlalu banyak minum teh bisa memicu anemia. Pasalnya, kandungan tanin pada teh bisa menghambat proses penyerapan zat besi oleh tubuh dan mempengaruhi kadar hemoglobin darah.

Gangguan penyerapan zat besi akibat teh ini juga termasuk tinggi. Menurut studi dari Colorado State University, minum teh bisa mengurangi penyerapan zat besi hingga 60%.

Baca Juga:Benarkah Minum Teh Setelah Makan Besar Bisa Berbahaya? Yuk Simak…

5. Osteoporosis

Osteoporosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh berkurangnya kepadatan tulang sehingga mengakibatkan pengeroposan hingga kerusakan tulang. Terlalu banyak minum teh ternyata menjadi salah satu faktor risiko terjadinya penyakit ini.

Pasalnya, teh bisa meningkatkan kadar kalsium yang terbuang lewat urin, sehingga tubuh akan menyerap kalsium dari tulang sebagai penggantinya. Jika hal ini terjadi secara terus menerus, maka tulang akan kehilangan kalsium dalam jumlah yang terlalu banyak dan memicu terjadinya osteoporosis.

Itulah tadi pembahasan tentang lima efek samping akibat terlalu banyak mengonsumsi teh, semoga bermanfaat!

Claudia