blank
Ilustrasi teh hijau dan es krim matcha. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Teh hijau merupakan teh yang dibuat dari daun tanaman teh (Camellia sinensis) yang dipetik dan mengalami proses pemanasan untuk mencegah oksidasi, atau bisa juga berarti minuman yang dihasilkan dari menyeduh daun teh tersebut.

Sedangkan, Matcha adalah teh hijau berbentuk bubuk yang dibuat dari menggiling teh hijau hingga halus seperti tepung. Proses ini membuat matcha memiliki aroma yang lebih wangi dan warna yang lebih cerah daripada teh hijau.

Serupa namun tak sama itulah penampilan dari matcha dan teh hijau. Matcha dan teh hijau berasal dari tanaman camellia sinensis. Meski sama-sama memiliki penampilan warna hijau matcha dan teh hijau memiliki ciri khasnya masing-masing yang mana menghasilkan penampilan berbeda dari satu sama lainnya.

Baca  Juga: Mampu Mencegah Kanker, Yuk Simak 5 manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan Kulit Wajah

Melansir dari laman Craftteafox, berikut 4 perbedaan matcha dan teh hijau yang perlu kamu tahu:

1. Perbedaan warna

Bubuk dari teh hijau lebih gelap dibandingkan dengan bubuk matcha. Bubuk teh hijau mengandung klorofil yang lebih sedikit dari matcha. Batang daun pada bubuk teh hijau tidak dipotong seperti pada bubuk matcha sehingga bubuk teh yang dihasilkan sedikit lebih kasar. Teh hijau digiling menggunakan bilah logam, sementara matcha menggunakan batu

2. Rasa dan tekstur

Teh hijau mempunyai rasa yang segar di lidah mirip dengan minuman teh lainnya. Wanginya pun harum untuk dicium. Sedangkan untuk matcha teksturnya lebih creamy dibandingkan teh hijau. Untuk rasa matcha terasa agak sedikit lebih pahit dibandingkan dengan teh hijau biasa. Karena teksturnya yang creamy, matcha biasanya diaduk menggunakan pengocok bambu agar larutan matcha tidak terlalu kental untuk diminum.

Baca Juga: Selain Dapat Mencegah Batu Gijal, 10 Manfaat Teh Hijau dan Lemon Bagi Kesehatan

3. Beda penyajian

Untuk penyajian teh hijau memiliki cara yang lebih sederhana dari matcha. Teh hijau cukup dicelupkan langsung ke air hangat. Karena langsung berupa daun kering teh teh hijau tidak perlu diseduh perlahan seperti matcha. Sementara matcha yang berbentuk bubuk penyajiannnya menggunakan air yang dituang perlahan dan diaduk menggunakan adukan khusus dari bambu supaya bubuknya tidak menggumpal dan sedap saat diminum.

4. Segi harga

Matcha dibandrol dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan teh hijau. Hal ini berhubungan dengan proses pembuatan matcha yang lebih rumit dibandingkan dengan teh hijau karena harus membuang batang dan urat daun. Sedangkan kualitas teh hijau sendiri hampir mirip dengan teh lain yang mana bubuknya lebih kasar. Mengingat prosesnya yang lebih panjang dan membutuhkan waktu lebih lama, maka matcha pun harganya lebih mahal.

Itulah 4 perbedaan dari teh hijau dan matcha. Tidak sulit kan membedakannya?

Claudia