blank
Ketua DPD Partai Nasdem Ibet Wisnu Pradana ketika menyerahkan data Bacaleg ke KPU Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-DPD Partai Nasdem Wonosobo mendaftarkan Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) untuk kursi DPRD setempat ke KPU, yang pertama kali atau lebih awal dari partai lainnya, Kamis (11/5/2023) siang tadi.

Pendaftaran Bacaleg berangkat dari Kantor DPD Partai Nasdem didahului dengan doa bersama. Rombongan Bacaleg, pengurus DPD dan kader partai menggunakan sekitar 20 mobil, melewati jalan protokol untuk putar kota untuk menuju Kantor KPU.

Sampai di perempatan Hotel Kresna rombongan turun dari mobil untuk melanjutkan jalan kaki ke Kantor KPU yang berjarak sekitar 100 meter. Selama jalan kaki para Bacaleg diiringi musik tek-tek para pengamen jalanan.

Para kader sambil berjalan kaki dan menunggu proses verifikasi berkas Bacaleg, membagikan stiker dan air mineral kepada pengemudi kendaraan roda empat dan roda dua yang kebetulan tengah lewat di jalan raya.

Sampai di KPU, pendafaran Bacaleg yang dilakukan langsung oleh Ketua DPD Partai Nasdem Ibet Wisnu Pradana didampingi Sekretaris Wicak Harimurti dan Bendahara Handayani, diterima Ketua KPU Asma’ Khozin dan komisioner lainnya.

Di pintu masuk ruang pendaftaran Bacaleg di Gedung KPU, Ketua DPD Partai Nasdem sudah dihadang Ketua KPU untuk dikenakan ikat kepala motif batik. Pimpinan DPD Partai Nasdem juga diberi ID Card khusus sebagai tim pendaftar Bacaleg sebelum melakukan proses pendaftaran.

6 Kursi

blank
Rombangan Bacaleg Partai Nasdem berjalan kaki menuju Kantor KPU Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka0

Ketua DPD Partai Nasdem Wonosobo Ibet Wisnu Pradana mengatakan pihaknya mendaftarkan Bacaleg sebanyak 45 orang. Mereka berasal dari kader internal, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, mantan Kades, pensiunan TNI bahkan mantan kader dari partai lain.

“Di Pemilu 2024 nanti, DPD Partai Nasdem mentargetkan 6 kursi di DPRD, 1 kursi di DPRD Provinsi Jateng dan 1 kursi di DPR RI. Alhamdulillah sejauh ini konsolidasi internal berjalan dengan baik,” tegas anggota DPRD Wonosobo itu.

Sebagai partai modern, lanjutnya, Partai Nasdem banyak dilirik tokoh masyarakat untuk jadi Bacaleg di pemilu yang akan berlangsung 14 Februari 2024 mendatang. Kuota 30 persen Bacaleg perempuan juga terpenuhi di semua daerah pemilihan.

“Hari ini merupakan hari yang luar biasa dan istimewa. Karena, Partai Nasdem di seluruh Indonesia secara serentak mendaftarkan Bacalegnya ke KPU. Para calon wakil rakyat itulah yang nanti diharapkan bisa mendulang suara di Pemilu 2024.

Ketua KPU Wonosobo Asma’ Khozin mengucapkan terima kasih atas inisiatif DPD Partai Nasdem yang telah mendaftarkan Bacalegnya lebih awal. Tim KPU langsung melakukan verifikasi berkas Bacaleg yang telah dikirim dan akan dicocokan dengan data yang telah dimasukan di sistem Silon KPU.

“Pendaftaran Bacaleg kali ini lebih simpel. Sebab tidak perlu membawa berkas fisik banyak ke KPU. Seluruh persyaratan Bacaleg semua sudah diupload di aplikasi Silon KPU. Jadi tim verifikator tinggal mencocokan data yang ada dengan data di Silon,” tegasnya.

Muharno Zarka