blank
Ilustrasi teh hijau yang kaya manfaat untuk kecantikan wajah. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Teh hijau merupakan salah satu jenis tumbuhan Camellia sinensis. Tumbuhan ini banyak digunakan untuk pengobatan di Jepang dan Cina sejak berabad-abad lalu. Dibandingkan dengan jenis teh lainnya, proses pengolahan teh hijau lebih singkat sehingga kandungan antioksidan dan nutrisi di dalamnya tetap terjaga.

Teh hijau juga mengandung senyawa epigallocatechin gallate (EGCG) yang dapat merangsang produksi hormon yang membantu proses pemecahan lemak dan meningkatkan laju metabolisme tubuh.

Teh hijau dipercaya sejak lama memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh karena mempunyai banyak kandungan baik, seperti vitamin E, C, kalsium hingga magnesium yang tinggi.

Baca Juga: Benarkah Minum Teh Setelah Makan Besar Bisa Berbahaya? Yuk Simak…

Belakangan, selain dikonsumsi sebagai minuman, teh hijau juga kerap dijadikan bahan utama dalam pembuatan masker wajah karena dipercaya memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan kulit.

Dirangkum dari laman Realfood, berikut ini ada 5 manfaat teh hijau untuk kesehatan kulit wajah hingga mampu mencegah kanker kulit.

1. Atasi kemerahan dan iritasi

Manfaat teh hijau yang pertama adalah mampu mengatasi kemerahan dan iritasi pada kulit wajah karena memiliki sifat anti inflamasi yang cukup tinggi. Tidak hanya itu, teh hijau juga memiliki kandungan polifenol sehingga mampu mengurangi iritasi kemerahan dan pembengkakan pada kulit wajah.

Baca Juga:Dapat Memicu Asam Lambung, Ini 5 Dampak Terlalu Seing Mengonsumsi Teh Manis Saat Berbuka

2. Mencerahkan kulit

Berikutnya teh hijau juga dapat membantu mencerahkan kulit wajah karena memiliki kandungan vitamin C tinggi yang dapat menghambat produksi melanin pada kulit.

Kandungan antioksidan yang terkandung dalam teh hijau mampu memudarkan noda hitam, meratakan warna, serta mencerahkan kulit wajah secara alami.

3. Menghilangkan bekas jerawat

Jerawat pada kulit wajah dapat meninggalkan bekas yang mengganggu penampilan. Untuk mengatasi hal tersebut, dapat memanfaatkan teh hijau yang dapat mengobati bekas jerawat secara alami.

Dengan mengkonsumsi atau mengoleskan teh hijau pada kulit wajah dipercaya dapat membantu memperbaiki kemerahan serta iritasi yang disebabkan oleh jerawat.

Baca Juga: Sering Insomsia? Yuk Simak 5 Rekomendasi Teh yang Mampu Atasi Insomnia

4. Cegah penuaan dini

Teh hijau memiliki kandungan kimia epigallocatechin gallate (EGCG) yang tinggi sehingga mampu meremajakan sel-sel kulit yang mulai menua.

Tidak hanya itu, teh hijau juga memiliki kandungan antioksidan dan vitamin B2 yang dapat mencegah penuaan dini serta mempertahankan kadar kolagen sehingga kulit wajah menjadi kencang.

5. Cegah kanker kulit

Manfaat teh hijau untuk kesehatan kulit wajah berikutnya adalah mampu mencegah kanker kulit karena sifat antioksidan pada epigallocatechin gallate.

Kekuatan antioksidan pada kandungan senyawa tersebut mampu melawan radikal bebas serta membantu memperbaiki kerusakan DNA yang disebabkan oleh sinar UV.

Demikian ulasan mengenai 5 manfaat teh hijau yang tidak hanya dikonsumsi sebagai minuman, tetapi juga sering dijadikan bahan utama masker wajah karena memiliki segudang manfaat untuk kesehatan kulit wajah.

Claudia