Ilustrasi es teh manis. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Teh manis jadi salah satu minuman yang disukai banyak orang. Selain rasanya segar, minuman teh manis juga memiliki manfaat jika dikonsumsi dalam jumlah yang pas.

Teh manis cocok diminum kapan saja, baik itu disajikan hangat ataupun dingin. Bahkan, minuman satu ini biasa menjadi minuman andalan di warung-warung dan tempat makan. Teh manis juga sangat cocok diminum saat berbuka puasa.

Dilansir dari Suara.com tetapi di balik kesegarannya, teh manis juga menyimpan bahaya jika diminum terlalu sering. Minum teh manis saat berbuka selain menyebabkan masalah pencernaan juga bisa mnimbulkan masalah kesehatan yang tidak boleh disepelekan.

Baca Juga: Ini Tips Lancar Berpuasa bagi Kamu yang Punya Tekanan Darah Rendah

Minum teh untuk buka puasa sebenarnya tidak dianjurkan. Sebab kandungan yang terdapat di dalamnya bisa memicu beberapa masalah kesehatan bila diminum saat perut kosong.

Melansir dari laman sehatq.com, ada beberapa dampak buruk mengonsumsi teh manis saat berbuka yang harus diwaspadai.

1. Menyebabkan Sembelit

Teh manis dapat memicu gangguan pencernaan seperti sembelit. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan British Medical Journal, di dalam teh terkandung senyawa teofilin yang bisa menyebabkan dehidrasi yang berdampak pada usus. Penyerapan cairan dalam usus inilah yang menyebabkan kesulitan buang air besar atau sembelit.

2. Memicu Kenaikan Berat Badan

Teh manis mengandung gula yang tidak sedikit. Padahal gula sendiri sudah bisa kita peroleh dari makanan yang kita makan saat berbuka seperti nasi dan lauk pauk.

Baca Juga: Tidur Seharian Saat Puasa, Sah atau Tidak Sih? Yuk Simak…

Teh manis akan menambah kadar gula dalam tubuh. Selain dipecah menjadi energi, gula berlebih akan disimpan dalam tubuh dalam bentuk lemak. Dengan begitu teh manis dapat menyebabkan berat badan semakin meningkat. Jika hal ini diabaikan, resiko terkena obesitas akan semakin tinggi.

3. Gangguan Tidur

Tidak hanya kopi saja lho yang bisa menyebabkan susah tidur. Dalam teh juga terkandung kafein yang membuat siapa saja yang mengonsumsinya menjadi tidak mengantuk dan sulit tidur.

Kafein yang dikonsumsi sebelum tidur dapat dapat membuat tubuh terjaga karena menghalangi bahan kimia otak yang merangsang rasa ngantuk.

4. Memicu Asam Lambung

Teh manis juga bisa menyebabkan asam lambung terlebih jika dikonsumsi saat perut kosong. Dalam teh terkandung kafein yang bisa menyebabkan iritasi pada organ pencernaan. Gejala yang dialami akibat mengonsumsi teh saat perut kosong biasanya seperti perut terasa kembung, mual, nyeri ulu hati sampai diare.

Baca Juga: Begini Cara Mengganti Puasa untuk Ibu Hamil

5. Sebabkan Stres

Kandungan kafein juga bisa menyebabkan stres dan gangguan kecemasan. Dengan mengonsumsi teh secara berlebihan, tubuh akan mudah merasa cemas dan stres. Beberapa penelitian juga telah menyebutkan bahwa mengonsumsi terlalu banyak kafein dapat menyebabkan seseorang merasa cemas berlebih terutama bagi orang-orang yang sensitif.

Nah, itu dia 5 masalah kesehatan yang bisa timbul akibat minum teh manis saat berbuka. Teh akan memberikan manfaat untuk tubuh jika dikonsumsi dengan jumlah yang pas.

Claudia