blank
ilustrasi Seorang wanita sedang mencuci muka. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Memperhatikan kulit saat berpuasa merupakan hal yang sangat penting. Pasalnya, saat puasa tubuh akan rentan mengalami dehidrasi yang bisa menyebabkan kulit menjadi kering.

Kulit kering memang tidak membahayakan, tetapi akan menimbulkan kulit menjadi bersisik, kasar hingga kemerahan. Tentu saja ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan bisa mengganggu penampilan.

Dilasnir dari Suara.com, salah satu cara untuk mengatasi kulit kering adalah dengan memakai pelembap yang sesuai dengan jenis kulit, sehingga resiko kulit kering dapat diatasi.

Baca Juga: Ini Tips Lancar Berpuasa bagi Kamu yang Punya Tekanan Darah Rendah

Dilansir dari laman sehatq.com, ada beberapa tips mengatasi kulit kering saat puasa.

1. Memakai Pelembap

Pelembap terbukti sangat efektif untk mengatasi kulit kering. Berdasarkan American Academy of Dermatology Association, menggunakan pelembap yang paling baik adalah setelah mencuci muka. Pelembap yang mengandung Hyaluronic Acid dapat mengembalikan dan menjaga kelembapan kulut secara optimal.

2. Menghindari Penggunaan Make Up yang Terlalu Berat

Saat kondisi kulit sedang kering, hindari menggunakan produk make up yang berat seperti foundation atau concealer. Kulit yang kering akan menjadi lebih sensitif saat menerima make up yang terlalu berat. Tentu saja ini akan beresiko pada permasalahan kulit wajah yang lain seperti jerawat.

3. Menggunakan Face Mist

Face mist memiliki manfaat untuk melembapkan kulit wajah. Selain itu, dengan menyemprotkan face mist ke wajah dapat membuat wajah menjadi lebih segar dan ternutrisi. Face mist biasanya mengandung zat yang mampu meminimalisir penguapan air di wajah sehingga kulit akan terjaga kelembapannya.

Baca Juga: Tidur Seharian Saat Puasa, Sah atau Tidak Sih? Yuk Simak…

4. Tidak Mencuci Muka Terlalu Sering

Terlalu sering mencuci muka juga dapat memperparah kondisi kulit wajah yang kering. Hindari menggunakan facial wash yang bisa membuat kulit terasa kering dan ketarik setelah menggunakannya.

Mencuci muka terlalu sering juga dapat menghilangkan lapisan minyak dalam wajah yang berguna untuk menjaga kelembapan alami pada kulit.

5. Memenuhi Kebutuhan Cairan

Kulit kering seringkali disebabkan oleh kurangnya cairan dalam tubuh. Untuk mengatasi masalah ini, selalu minum air putih yang cukup saat sahur dan berbuka.

Selain itu, hindari minuman yang mengandung kafein seperti kpi dan teh karena dapat membuat tubuh lebih cepat mengalami dehidrasi.

Baca Juga: Begini Cara Mengganti Puasa untuk Ibu Hamil

6. Menggunakan Masker Wajah

Beberapa masker wajah di formulasikan untuk mengatasi permasalahan kulit kering. Ada banyak jenis masker wajah yang dapat ditemukan dengan mudah di pasaran dengan kandungan yang melembapkan.

Jenis masker wajah yang sangat direkomendasikan untuk mengatasi kulit kering adalah gel mask atau sheet mask.

Nah, itu dia 6 tips untuk mengatasi kulit wajah yang kering saat berpuasa. Sangat gampang bukan

Claudia