blank
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah (KPwBI Jateng), Rahmat Dwisaputra, didampingi Sekda Prov. Jateng, Sumarno, dan Wakil Pemimpin Operasional BNI Kanwil 05 Semarang, Dwi Wahyu Sejati, menunjukkan uang kertas baru dari unit layanan penukaran mobil kas bersama BNI, Senin (27/3/2023).

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Selama Ramadhan 1444 H, Bank Negara Indonesia (BNI) wilayah Jawa Tengah menyiapkan uang kartal (uang kertas dan logam) baru senilai Rp 1,9 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Hal tersebut seperti yang diutarakan Wakil Pemimpin Opersional BNI Kanwil 05 Semarang, Dwi Wahyu Sejati, saat acara launching Program SERAMBI (Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri) di Kantor Bank Indonesia (BI) Jalan Imam Bardjo, Semarang, Senin (27/3/2023).

Dalam acara tersebut, BNI turut berpartisipasi melalui BNI kantor cabang Undip, BNI kantor cabang Karang Ayu, BNI kantor cabang Semarang, dan BNI kantor cabang pembantu Pandanaran.

“Kami di BNI untuk wilayah Jateng menyiapkan 1,9 T selama Ramadhan tahun ini. Selain itu untuk layanan kami juga mengaktifkan semua armada 12 unit BLG (BNI Layanan Gerak) yang kita tempatkan di rest area mulai dari Tegal hingga Salatiga,” katanya.

Dwi menjelaskan, selama libur panjang hari raya Lebaran tahun ini pihaknya menggelar operasional terbatas untuk melayani berbagai transaksi mulai dari transaksi SPBU hingga operasional terbatas yang dikhususkan melayani transaksi secara reguler.

BNI juga menyiapkan sejumlah titik – titik di rest area ketika dimulainya masa arus mudik baik untuk arus berangkat dan arus balik pemudik. Nantinya layanan yang dikonsentrasikan mulai dari penempatan BLG, layanan penukaran uang, penjualan TapCash (uang elektronik pengganti uang tunai), hingga isi ulang TapCash.

“Untuk yang arus balik nanti juga mekanismenya sama, pokoknya seluruh armada 12 unit BLG kita aktifkan semua dan lokasinya ada di semua rest area sepanjang jalur mudik,” kata Dwi.

Adapun unit BLG yang dimiliki BNI ini merupakan armada mobile layaknya outlet bergerak berupa bus yang berwujud bank bergerak dan di dalamnya terdapat teller, customer service (CS), hingga anjungan tunai mandiri (ATM).

Uniknya, untuk layanan penukaran uang di BNI selama Ramadhan tahun ini selain masyarakat bisa mendapatkan uang baru (kertas / logam) dengan beragam nominal, juga mendapatkan reward gula pasir 1 kilogram.

“Selama Ramadhan kali ini kami memberikan bonus reward gula jika masyarakat menukarkan uang di BNI. Namun hadiah gula ini kami berikan bagi masyarakat yang menggunakan transaksi non-tunai atau menggunakan QRIS. nominal transaksinya sesuai standart BI dan hanya di BNI,” pungkasnya.

Hery Priyono