blank
Ilustrasi makanan probiotik. Foto: Dok/Hellosehat

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Benarkah mengkonsumsi makanan probiotik bisa mencegah alergi? Probiotik banyak terkandung dalam makanan fermentasi, seperti yoghurt, kimci, dan lainnya.

Bakteri baik ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaat probiotik adalah mampu untuk mencegah reaksi alergi. Kenapa probiotik dipercaya dapat mencegah alergi?

Melansir dari Hellosehat, probiotik adalah bakteri baik yang secara alami hidup dalam tubuh manusia. Sebagian besar bakteri baik hidup pada usus, terutama usus besar pada saluran pencernaan.

Ada banyak jenis bakteri yang dianggap sebagai probiotik, tetapi hanya dua jenis bakteri yang banyak dipelajari dengan baik manfaatnya, yakni Lactobacillus dan Bifidobacterium.

Kedua jenis bakteri baik itu umum digunakan untuk makanan fermentasi, seperti yoghurt, kefir, dan lainnya. Itulah mengapa makanan fermentasi termasuk sumber probiotik bagi tubuh.

Bakteri baik dari makanan bisa menjaga tubuh tetap sehat. Salah satunya dengan menjaga keseimbangan kadar bakteri baik dan jahat, sehingga tubuh bisa bekerja semestinya.

Selain itu, konsumsi probiotik juga mungkin memiliki berbagai manfaat dalam tubuh, termasuk untuk mencegah timbulnya reaksi alergi pada kelompok masyarakat tertentu.

Beberapa peneliti berpendapat, peningkatan kasus alergi terjadi akibat kurangnya paparan dengan bakteri karena tinggal di lingkungan yang sangat bersih.