Ilustrasi seorang muslim mengerjakan salat. Foto: Dok/Pngtree

Selanjutnya, lakukan duduk diantara dua sujud dengan membaca:

“Rabbighfirlii warhamnii wajburnii warfa’nii warzuqnii wahdinii wa‘âfinii wa‘fu ‘annii,”

Artinya “Ya Tuhan, ampunilah diriku, sayangilah, perbaikilah, dan angkatlah derajat hamba, berilah hamba rizki serta ampunan sebanyak-banyaknya”.

8. Tasyahud awal

Tasyahud awal dilakukan pada saat salat dzuhur, ashar, maghrib dan isya’. Berikut ini bacaan tasyahud awal:

“Attahiyyatul mubarakaatus salawatut tayyibatu lillah. Assalamu alaika ayyuhan nabiyyu warahmatullahi wabarakatuh. Assalamu alaina wa ala ibadillahis salihin. Asyhadu alla ilaha illallah. Wa asyhadu anna Muhammadar rasulullah. Allahumma salli ala sayyidina Muhammad”.

Artinya: Segala puji, keberkahan, shalawat, dan kebaikan adalah bagi Allah. Mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan kepadamu wahai Nabi Muhammad beserta rahmat Allah dan barakah-Nya. Mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan pula kepada kami dan kepada seluruh hamba Allah SWT yang shalih dan shalihah. Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad itu adalah hamba-Nya dan utusan-Nya.

9. Tasyahud akhir

Tasyahud akhir pada dasarnya sama dengan tasyahud awal, cuma dilanjutkan dengan bacaan:

Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala aali Muhammad kamaa shollaita ‘ala Ibroohim wa ‘ala aali Ibrohim, innaka hamidun majiid.

Allahumma baarik ‘ala Muhammad wa ‘ala aali Muhammad kamaa baarokta ‘ala Ibrohim wa ‘ala aali Ibrohimm innaka hamidun majiid.

Artinya: Segala kehormatan, dan keberkahan, kebahagiaan dan kebaikan itu punya Allah. Keselamatan atas Nabi Muhammad, juga rahmat dan berkahnya. Keselamatan dicurahkan kepada kami dan atas seluruh hamba Allah yang sholeh. Aku bersaksi tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah.

Ya Allah, limpahkanlah rahmat atas keluarga Nabi Muhammad. Seperti halnya rahmat yang Engkau berikan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan limpahkanlah keberkahan atas Nabi Muhammad beserta para keluarganya. Seperti berkah yang telah Engkau berikan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Engkaulah Tuhan yang sangat terpuji dan sangat mulia diseluruh alam.

10. Salam

Setelah membaca tasyahud akhir, langkah selanjutnya yaitu salam. Kemudian bacalah bacaan dzikir dan doa yang ingin dipanjatkan.

Itu tadi bacaan salat dzuhur lengkap mulai dari niat hingga salam dalam tulisan arab latin dan artinya. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan dapat dijadikan acuan atau panduan salat 5 waktu.

Ning S