blank
Ilustrasi sakit tenggorokan. Foto: Dok/Hellosehat

6. Kayu manis
Tidak hanya sebagai bumbu masakan atau kue, kayu manis ternyata juga bisa menjadi obat alami yang manjur untuk mengatasi sakit tenggorokan akibat peradangan.

Pasalnya, kayu manis memiliki sifat antimikroba yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme lainnya. Dengan begitu, kayu manis membantu mengurangi pembengkakan, rasa sakit dan peradangan.

Untuk menjadikan kayu manis sebagai obat sakit tenggorokan, tambahkan satu sendok teh bubuk kayu manis ke dalam segelas air panas. Setelah itu, campurkan dua sendok teh madu.

Selama minuman ini masih panas, hirup uap airnya, dan setelah airnya sudah menghangat kamu bisa mengkonsumsinya. Selain itu, kamu bisa minum ramuan alami ini 2-3 kali sehari selama seminggu.

7. Teh herbal
Teh yang kaya akan kandungan antioksidan dapat membantu melawan infeksi virus dan bakteri di tenggorokan.

Tubuh membutuhkan antioksidan ini untuk membangun sistem imun yang lebih kuat dan memperbaiki jaringan yang telanjur rusak akibat infeksi tersebut.

Teh jahe sering kali diandalkan untuk mengobati radang tenggorokan. Bukan cuma menghangatkan tubuh, sensasi rempah jahe yang pedas manis juga dapat menenangkan tenggorokan yang iritasi saat radang.

Gingerol dan fenol, dua senyawa kimia yang terkandung dalam rempah jahe ini bersifat antinyeri dan bisa meredakan rasa sakit. Itulah mengapa manfaat teh jahe sebagai obat alami sakit tenggorokan sudah tidak perlu diragukan lagi.

Selain teh jahe, ada jenis teh herbal lainnya yang memiliki manfaat serupa dalam mengobati sakit tenggorokan akibat radang seperti teh hijau, teh licorice, peppermint, dan teh chamomile.

8. Makan sop ayam
Sejak zaman nenek moyang, sop ayam telah dianggap sebagai salah satu obat alami untuk membantu meredakan sakit tenggorokan.

Mengutip UF Health, sop ayam mengandung senyawa aktif biologis yang dapat meredakan gejala flu.

Sop ayam diyakini memiliki manfaat untuk melembapkan saluran hidung, mencegah dehidrasi, memberikan nutrisi, dan menghilangkan sakit tenggorokan.

Jika gejala sakit tenggorokan malah bertambah parah meskipun sudah menggunakan obat herbal, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Ning S