blank
Petugas Polsek Wonogiri Kota bersama personel Inafis dari Polres Wonogiri, melakukan tugas penanganan, terkait dengan meninggalnya seorang mekanik pabrik PT Naga Buana.(Dok.Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Nasib naas menimpa Agus Muchlis (61). Mekanik pabrik pengolahan kayu PT Naga Buana Unit IV Desa Manjung, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, ini meninggal saat bekerja memperbaiki mesin blower.

Korban yang merupakan penduduk asal Desa Kandangan, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri, Jatim, ini mengalami kecelakaan kerja. Saat berusaha membetulkan mesin blower transfer, Mekanik Agus Muchlis terjatuh dari ketinggian sekitar 4 Meter.

Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah dan Kapolsek Wonogiri Kota AKP Eka Purwanta, melalui Kasi Humas Polres AKP Anom Prabowo, Rabu (10/5), menyatakan, kejadiannya berlangsung Selasa sore (9/5) Pukul 15.15 dan dilaporkan Pukul 15.30.

Saat kejadian, korban tengah bekerja dengan rekannya, yakni Danang Eko Prasetyo (26), untuk membenahi mesin blower yang memunculkan suara berisik. Meski telah diingatkan, saat bekerja korban tidak mengenakan alat perlengkapan keselamatan kerjanya.

Ketika itu korban membenahi mesin dari sisi timur dan Danang membenahi di sisi barat. Usai melakukan pembenahan, korban terpeleset dan jatuh dari ketinggian sekitar 4 M. Kepalanya membentur lantai yang terbuat dari cor beton. Menyebabkan dia meninggal, karena kepalanya mengalami pendarahan.

Enam Bulan

Petugas Polsek Wonogiri Kota terdiri atas Kanit Reskrim Aiptu Sumardi, Kepala SPKT-II Bripka Sugiyatno dan Briptu Yoga Adi Saputra, segera mendatangi ke lokasi pabrik.

Bersama petugas Inafis Polres Wonogiri dan tenaga medis dari Puskesmas Wonogiri I Widiyastuti, dilakukan penanganan dan pemeriksaan korban. Hasilnya, disimpulkan pemicu kematiannya karena terjatuh dari ketinggian 4 Meter dan kepalanya membentur lantai cor beton.

Untuk mengevakuasi korban, dilakukan bersama relawan dari SAR (Search And Rescue) Wonogiri dan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Wonogiri. Jenazah korban kemudian diangkut ke RSUD Dokter Sudiran Mangun Soemarso Wonogiri.

Petugas mendapatkan informasi, korban baru sekitar 6 bulan bekerja menjadi petugas mekanik di pabrik PT Naga Buana Unit IV Desa Manjung, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.

Bambang Pur