blank
Panitia penyelenggara dan perwakilan pemain, melakukan foto bersama usai press conference. Foto: riyan

MAGELANG (SUARABARU.ID)– Direktur Superliga, Achmad Budiharto mengatakan, event Polytron Superliga Junior 2023 diikuti pemain-pemain terbaik yang ada di wilayah Asia. Total ada sebanyak 279 atlet siap bertarung di GOR Djarum Magelang, Senin-Minggu (8-14/5/2023).

Disampaikan dia, selain atlet asal Indonesia, para atlet junior ini juga datang dari Malaysia, Chinese Taipei, Vietnam, Thailand, Singapura, dan Hong Kong.

”Sejak terakhir kali kami gelar pada 2019, baru kali ini Superliga kembali kami gulirkan. Kami berharap hasil dari turnamen ini bisa menghasilkan pebulutangkis andal Indonesia di masa depan,” kata Achmad Budiarto, saat melakukan press conference yang dilakukan di Hotel Grand Artos, Magelang, Minggu (7/5/2023).

BACA JUGA: Merbabu Sky Race 2023, Risqi Dwi Kurniawan Tercepat di Nomor 40 Kilometer Putra

Disebutkan dia, hasil dari Superliga 2019 mampu memunculkan beberapa pebulutangkis yang kini menjadi andalan Indonesia. Di antaranya Daniel Marthin, Leo Rolly Carnando ataupun Putri Kusuma Wardani.

Ada yang baru dalam event kali ini, yakni pertandingan akan digelar dengan sistim beregu, mengadopsi kejuaraan Piala Thomas dan Uber. Turnamen ini memperebutkan empat piala bergengsi, yaitu Piala Liem Swie King (U-19 Putra), Piala Susy Susanty (U-19 Putri), Piala Hariyanto Arbi (U-17 Putra), dan Piala Yuni Kartika (U-17 Putri).

”Panitia penyelenggara juga menyiapkan total hadiah lebih dari Rp 1 miliar. Di kategori U-19 Juara I Rp 150 juta, Juara II Rp 75 juta, dan Juara III bersama Rp 40 juta. Sedangkan di U-17 Juara I Rp 100 juta, Juara II Rp 50 juta, dan Juara III bersama Rp 25 juta,” imbuhnya.

BACA JUGA: Alumni SMA Kendal Syawalan di Yogyakarta

Sedangkan Ketua Umum Pengprov PBSI Jawa Tengah, Basri Yusuf, menyatakan memberi dukungan penuh atas digelarnya event ini. Dia berharap, kejuaraan bulutangkis beregu ini, menjadi ajang untuk mengasah mental, guna melangkah ke kejuaraan yang lebih tinggi.

”Saya mengapresiasi sekaligus mendukung diselenggarakannya Polytron Superliga Junior 2023. Dengan format beregu, atlet-atlet kita tidak hanya harus menampilkan kemampuan terbaik di atas lapangan, tapi juga membangun nilai-nilai kekompakan, kerja sama dan soliditas sebagai tim,” terang dia.

Sementara itu, Business Development Polytron, Christopher A Wirawan menambahkan, kejuaraan ini bisa menjadi ajang pembuktian diri para atlet muda Indonesia, dengan memaksimalkan bakat bakat dan kemampuan yang dimilikinya.

blank
Panitia penyelenggara, Yuni Kartika, Achmad Budiharto, Basri Yusuf, Christopher A Wirawan (kiri ke kanan), dalam sesi press conference

BACA JUGA: Kapolri dan Panglima TNI Pastikan Kesiapan Pengamanan KTT ASEAN

”Kami harap partisipasi Polytron dalam Superliga Junior 2023 ini, dapat membangun semangat juara, serta pengalaman berharga bagi atlet-atlet muda yang bertanding,” ujar dia.

Polytron Superliga Junior 2023 kali ini, diikuti 13 klub Nasional dan mancanegara. Pada kategori U-19 antara lain PB Djarum Kudus, PB Jaya Raya, Vietnam Team, PB Mutiara Cardinal Bandung, Tjakrindo Masters Sony Dwi Kuncoro Badminton Training, PB Power Rajawali, Daihatsu Yonex Sunrise Candra Wijaya Club, Chinese Taipei U-19, dan Singapore Badminton Association.

Lalu pada kategori U-17, terdapat tujuh klub, PB Djarum Kudus, PB Jaya Raya, PB Mutiara Cardinal Bandung, Indihome Gideon Badminton Academy, Badminton Associaton of Malaysia, Banthongyord Badminton School Thailand, Hong Kong China Team, dan Singapore Badminton Association.

BACA JUGA: Noor Muslikhan Pimpin PD Muhammadiyah Kabupaten Kudus

Sesuai jadwal yang dirilis panitia, partai perdana akan mempertemukan Indihome Gideon Badminton Academy (Indonesia) dengan klub asal Thailand, Banthongyord Badminton School di kategori U-17 Putri. Masih di sektor yang sama, ketangguhan atlet-atlet muda PB Djarum bakal duji skuad Badminton Associaton of Malaysia (BAM).

Polytron Superliga Junior 2023 terbuka untuk umum dan gratis. Selain itu, jalannya pertandingan juga bisa diaksikan melalui live streaming di YouTube Usee Sports, Maxtream, dan aplikasi Indihome TV atau Usee Sports Indihome TV.

Riyan