blank
Marselino Ferdinan bersama rekan-rekan setimnya, merayakan gol yang dia hasilkan ke gawang Myanmar. Foto: pssi

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Timnas U22 Indonesia tampil gemilang, dan kembali sukses meraih tiga poin penuh, seusai menaklukkan Myanmar dengan skor telak 5-0, di Stadion National Olimpiade Phnom Penh, Kamboja, Kamis (4/5/2023). Laga itu merupakan laga kedua Timnas di babak penyisihan Grup A SEA Games 2023.

Skuad Garuda Muda bermain dominan sejak awal laga. Lima gol Indonesia dilesakkan Marselino Ferdinan menit kesembilan, Ramadhan Sananta (31 penalti dan 60), Fajar Fatturrahman (73), dan Titan Agung (87).

Meski menang telak, seperti dikutip dari laman PSSI, pelatih Indra Sjafri merasa masih ada pekerjaan rumah yang harus dibenahi Rizky Ridho dan kawan-kawan.

BACA JUGA: Soal Penanganan Sampah, M Albar : “Galakan Gerakan 3R!”

Alhamdulillah, hari ini kami kembali meraih kemenangan. Namun kami masih ada sejumlah kesalahan di grup taktikal. Termasuk individual dalam memutuskan apa dan kapan yang terbaik untuk dilakukan. Tentu itu akan kami perbaiki di laga melawan Timor Leste,” kata Indra Sjafri.

Saat ini sudah 14 pemain dipercaya menjadi starter oleh Indra Sjafri, dalam dua laga itu. Dia menyatakan, rotasi pemain akan terus dilakukan untuk mencari starting eleven idaman di semi final dan final.

”Ini pertandingan kedua kami, dan sesuai dengan rencana, pertandingan-pertandingan di grup akan ada rotasi pemain. Bukan dalam rangka recovery, karena recovery kita cukup panjang. Tapi dalam rangka untuk mencari dream team. Untuk nanti Insya Allah tampil di semi final dan final,” jelasnya.

BACA JUGA: Rektor USM Jajaki Kerja Sama dengan Pertamina

Indra menyebut, tim pelatih berusaha untuk membuat periodesisasi persiapan, di mana puncaknya nanti di babak semi final dan final.

”Fase grup ini kami jadikan untuk mencari 11 pemain terbaik. Artinya, akan ada rotasi pemain, tetapi bukan dalam rangka karena kurangnya recovery. Karena saya pikir ini cukup, dengan jarak antar-pertandingan pertama dengan kedua ada jeda empat hari,” ungkapnya

Setelah itu, lanjut dia, ada pertandingan berikutnya dengan jarak selang tiga hari. Jadi akan dilakukan beberapa rotasi, dalam rangka untuk mencari tim terbaik.

BACA JUGA: Jajaran Polres Grobogan Berkunjung ke Makodim, Halal Bihalal Perkuat Sinergitas

Kemenangan telak 5-0 ini, membuat Indonesia semakin dekat untuk lolos ke babak semi final. Garuda Nusantara berada di puncak klasemen Grup A dengan mengumpulkan enam poin, mencetak delapan gol dan belum pernah kebobolan.

Selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Timor Leste pada laga ketiga SEA Games 2023, pada Minggu (7/5/2023), pukul 16.00 WIB di tempat yang sama. Timor Leste sendiri di tempat yang sama, berhasil mengalahkan Filipina dengan skor 3-0.

Riyan