Rektor USM Dr Supari ST MT saat diterima Sr. Spv Receiving, Storage, Distribusi Pertamina, Firdaus Novianto dalam silaturahmi di di kantor Pertamina Integrated Terminal Manager Semarang pada 5 Mei 2023. (Foto News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Rektor USM Dr Supari ST MT melakukan kunjungan ke PT Pertamina untuk silaturahmi sekaligus penjajakan kerja sama pada 5 Mei 2023 di kantor Pertamina Integrated Terminal Manager Semarang.

Dalam kunjungan itu, Rektor USM Dr Supari ST MT yang didampingi Ketua Bidang Publikasi dan HAKI USM, Dr Yuliyanto Budi Setiawan S.Sos, M.Si dan dosen FT USM Satria Pinandita ST, M.Eng diterima Sr. Spv Receiving, Storage, Distribusi Pertamina, Firdaus Novianto, Spv Genaral Affair & Sales Service Solikin, Spv Fire & Safety Yunianto Arif Suryawan, Community Development Officer Luthfi Nurwafi F, serta Community Development Officer Milasania Shintadewi.

Rektor mengatakan, kunjungan silaturahmi tersebut, pihaknya menjajaki dilakukan kerja sama dengan Pertamina tentang hilirisasi produk penelitian bidang inovasi berbasis energi baru terbarukan. Selain itu juga tentang penelitian perahu listrik bertenaga surya untuk wisata religi dan wisata maggrove di morosari Sayung.

”Tujuan kerja sama untuk bersinergi menghilirasi produk perahu nelayan /perahu wisata ini yang saat ini masih menggunakan mesin konvensional berbahan bakar BBM dapat dikonversi menjadi perahu listrik bertenaga surya dan dermaga apung hybrid,” ujar Rektor.

Dia berharap, para dosen USM bisa memulai menghilirisasi peneltian-penelitian ke mitra industri menjalin kerja sama, membuat sosial maping ke target mitra penerima manfaat/masyarakat. Setelah itu baru melakukan inovasi dari hasil penelitian untuk di hilirisasi.

”Yang jelas, kerja sama nanti harus membawa manfaat bagi kedua belah pihak, terutama bermanfaat bagi masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Sr. Spv Receiving, Storage, Distribusi Pertamina, Firdaus Novianto mengatakan, pihaknya berterima kasih atas kunjungan Rektor USM. Dia berharap, bisa melakukan hilirasis produk penelitian perahu listriknya yang memiliki energi hybrid dengan motor BBM dan motor listrik untuk mengurangi suara bising mesin ber-BBM.

”Jika menggunakan motor listrik tidak ada suara saat memancing ikan dengan lampu pada malam hari sehingga akan meningkatkan hasil tangkapan ikan yang lebih banyak. Kami menyambut baik dan sangat mendukung dengan program kerja untuk menghilirisasi perahu berenergi hybrid untuk perahu wisata dan perahu nelayan guna meningkatkan ekonomi kreatif masyarakat,” tuturnya.

Muhaimin