blank
Ilustrasi buah pare yang kaya akan manfaat. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Pare (Momordica charantia L.) merupakan tanaman sayur yang tumbuh merambat dengan buah berkerut dan berbintil serta memiliki rasa yang pahit, jika diolah dengan baik akan menjadi makanan yang sangat enak. Selain itu, pare juga mengandung vitamin C, vitamin A, fosfor, dan besi untuk menambah nutrisi dalam tubuh.

Meskipun kerap dianggap sebagai sayur, pare termasuk ke dalam golongan buah-buahan karena memiliki biji di dalamnya. Umumnya, pare sering ditumis untuk dijadikan sayuran atau digoreng sebagai lauk.

Mungkin ada beberapa orang yang suka dengan sayur pare meskipun rasanya begitu pahit dan getir. Namun tak sedikit juga orang yang tak mau makan pare karena rasa pahitnya itu. Hal ini cukup disayangkan karena pare memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yang sayang untuk dilewatkan.

Baca Juga: Selain Dapat Mencegah Anemia, Yuk Simak 5 Manfaat Mengonsumsi Tape Singkong

Tapi tenang, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan rasa pahit pada pare. Dilansir dari Suara.com, penasaran bagaimana caranya? Yuk simak bareng-bareng!

1. Remas dengan garam, masak pare tetap hijau tanpa rasa pahit!

Salah satu cara paling mudah untuk menghilangkan rasa pahit pada pare yang hendak dimasak adalah dengan menggunakan garam dapur.

Caranya cukup mudah, belah pare menjadi dua lalu bersihkan biji dan selaput dalamnya. Setelah itu potong-potong sesuai selara. Setelah dipotong, remas-remas potongan pare menggunakan garam sampai merata.

Setelah merata, diamkan selama kurang lebih 10 menit, lalu bilas dengan air mengalir sampai bersih dan pare sudah siap dimasak tanpa ada rasa pahit.

Baca Juga: Dikenal Dengan Rasanya yang Pahit, Ini 6 Manfaat Daun Singkong dan Pepaya yang Baik untuk Kesehatan

2. Rebus pare dengan daun jambu biji, pahit dan getir pada pare akan hilang!

Cara ini cocok untuk memasak pare yang sudah cukup tua karena pare ini akan terasa sangat pahit dan getir. Caranya adalah dengan merebus potongan pare dan beberapa lembar daun jambu biji.

Tak perlu waktu lama, cukup rebus selama 5 menit lalu tiriskan. Daun jambu biji memiliki rasa sepat, sehingga efektif untuk menghilangkan rasa pahit dan getir pada pare.

3. Tambahkan tanah liat saat masak pare, dijamin pare ngga pahit lagi!

Cara ini sering digunakan oleh ibuku saat masak dirumah. Caranya cukup mudah, rebus air dengan memasukkan sedikit tanah liat dan tunggu sampai mendidih.

Baca Juga: Bunda Wajib Tahu! Ini 4 Manfaat Singkong bagi Kesehatan Balita

Setelah mendidih, masukkan potongan pare dan tunggu sekitar 3 menit. Kemudian angkat pare dan cuci bersih dengan air mengalir. Ini adalah cara tradisional yang digunakan untuk menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya yang ternyata bisa diterapkan pada pare.

4. Campurkan cuka, gula, dan garam saat merebus pare

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara merebusnya ditambah larutan seperti cuka. Langkah pertama rebus segelas air terlebih dahulu, lalu tambahkan segelas cuka putih. Tambahkan juga garam dan gula masing-masing 2 sendok makan.

Setelah air mulai mendidih, masukkan potongan pare dan tunggu selama 2 menit, lalu tiriskan. Cara ini akan menghilangkan rasa pahit pada pare dan menjaga warnanya tetap hijau cerah sehingga cocok untuk dijadikan lalapan.

Gimana, mudah bukan? Kalau masak pare jangan lupa praktikkan ya!

Claudia