blank
Ilustrasi daun pepaya yang kaya manfaat. Foto: pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Daun pepaya (Carica papaya L) dan Daun Singkong  termasuk daun-daun yang bertulang menjari (palmineruis) merupakan daun yang berasal dari tumbuhan pepaya dan singkong. Daun pepaya muda dan daun singkong kerap diolah menjadi sayuran di beberapa daerah di Indonesia.

Disamping dapat diolah menjadi makanan, daun pepaya dapat pula dijadikan obat untuk beberapa jenis penyakit. Helaian daun pepaya berbentuk menyerupai tangan manusia.

Pepaya dan singkong merupakan dua tanaman yang bisa dimanfaatkan baik buah maupun daunnya. Biasanya, daun-daun ini diolah menjadi tumis atau disantap dengan sambal sebagai lalapan.

Baca Juga:Bunda Wajib Tahu! Ini 4 Manfaat Singkong bagi Kesehatan Balita

Rasa pahit seringkali membuat daun-daun ini kurang disukai. Padahal, keduanya memiliki berbagai kandungan yang berguna bagi kesehatan.

Bagi sebagian penderita hipertensi, konsumsi obat harus dilakukan seumur hidup untuk mengatur tekanan darah. Namun, ada beberapa cara alami yang dapat digunakan untuk menurunkan darah tinggi, salah satunya mengonsumsi rebusan daun pepaya.

Nah, berikut ini beberapa di antaranya, manfaat yang bisa kamu peroleh dari daun pepaya dan singkong, dirangkum dari hellosehat dan laman Dikes Kabupaten Badung.

Baca Juga: Selain Mencegah Sembelit, Ini 5 Manfaat Singkong untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Tahu

1. Memberikan Energi Tambahan

Jika sedang diet dan mengurangi porsi nasi, kamu bisa mengonsumsi daun pepaya sebagai sumber energi tambahan. Pasalnya, daun ini mengandung karbohidrat yang dapat meningkatkan semangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Selain itu, ada kandungan serat yang mampu memberikan efek kenyang lebih cepat. Jadi, tanpa makan banyak nasi pun kamu tidak akan merasa kelaparan. Dengan begitu, proses penurunan berat badan tidak memerlukan waktu yang terlalu lama.

2. Mengatasi Kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit mematikan di dunia. Biasanya disebabkan oleh sel-sel tubuh yang tumbuh dan berkembang tanpa kendali. Kemudian, menyebar ke seluruh jaringan dan merusaknya.

Baca Juga: Dapat Mengangkat Sel Kulit Mati, Ini 4 Manfaat Kulit Singkong Bagi Kecantikan Kulit

Menurut sebuah penelitian, daun pepaya bersifat sitoktoksik, yakni senyawa yang dapat membunuh sel kanker dengan cara menghancurkannya. Beberapa jenis yang bisa diatasi adalah pada kulit, prostat, dan payudara.

3. Membasmi Infeksi Jamur

Jamur merupakan satu gangguan kulit yang masih sering dialami banyak orang. Penyebabnya sendiri bermacam-macam. Mulai dari kurangnya menjaga kebersihan, tubuh yang selalu basah, hingga menggunakan pakaian yang terlalu ketat.

Jika pertumbuhannya tidak terkendali, jamur dapat menyebabkan masalah lain, seperti infeksi. Untuk itu, kamu perlu obat antijamur untuk mengatasinya. Nah, daun pepaya ini bisa dijadikan alternatif.

Baca Juga: Ini Resep Rendang Daun Singkong yang Bisa Bikin Kamu Ketagihan

Daun pepaya mengandung flavonoid, etanolik, terpene, dan alkaloid yang berperan menghambat perkembangan jamur jenis Fusarium spp dan C. gloeosporioides.

Sifat antijamur yang dimiliki daun pepaya ini membuatnya memiliki potensi besar sebagai pembasmi jamur. Terlebih jika terus dikembangkan di beberapa waktu ke depan.

Manfaat Daun Singkong

1. Mencegah Anemia

Anemia adalah penyakit kekurangan sel darah merah yang membuat penderitanya cepat merasa lelah. Kemudian, kepala juga akan sering pusing berputar-putar, sehingga tidak fokus pada aktivitas yang tengah dijalani.

Baca Juga: Tinggi Karbohidrat, Simak Enam Manfaat Mengonsumsi Singkong

Berdasarkan sebuah studi, daun singkong memiliki sejumlah nutrisi dengan kemampuan memproduksi sel darah merah. Selain itu, dapat memperlancar sirkulasi darah, sehingga tubuh terhindar dari penyakit anemia.

2. Meningkatkan Sistem Metabolisme

Metabolisme merupakan proses kimia pada tubuh yang mengubah makanan dan minuman menjadi energi. Nah, daun singkong ini berperan dalam meningkatkannya agar tetap optimal karena mengandung vitamin B.

3. Memperlancar Pencernaan

Tak hanya pepaya, daun singkong juga kaya akan serat yang dapat memperlancar sistem pencernaanmu. Oleh karenanya, kamu akan terhindar dari berbagai gangguan di area tersebut, seperti sembelit atau susah buang air besar.

Itulah masing-masing manfaat dari daun pepaya dan singkong yang dikenal pahit, padahal sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Apakah kamu pernah mengonsumsi keduanya?

Claudia