blank
Ilustrasi. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Singkong merupakan salah satu bahan makanan yang perannya bisa menggantikan nasi karena kandungan karbohidratnya yang cukup tinggi.

Dilansir dari Suara.com namun bukan hanya itu saja, ternyata singkong memiliki banyak manfaat lain untuk tubuh.

Dilansir dari hellosehat.com dan katadata.co.id, berikut adalah 6 manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi singkong.

Baca Juga: Selain Rendah Kalori, Lima Manfaat Roti Gandum yang Wajib Diketahui

1. Sebagai sumber tenaga

Seperti yang saya jelaskan di awal tadi, singkong bisa dijadikan makanan pokok pengganti nasi. Terkandung 38 gram karbohidrat dalam setiap 100 gram singkong.

Karena kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, maka singkong bisa menjadi sumber energi yang cukup baik untuk menunjang aktivitas fisik.

2. Menjaga fungsi jaringan tubuh

Kandungan mineral yang terkandung dalam singkong cukup banyak diantaranya:
– Kalium, diperlukan untuk sintesis protein dan membantu pemecahan karbohidrat.
– Mangan, membantu proses pembentukan tulang, jaringan ikat, dan hormon seks.
– Kalsium, berperan menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Baca Juga: Baik untuk Kesehatan Jantung, Enam Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan

3. Mempertahankan elastisitas kulit

Diketahui bahwa dalam singkong juga mengandung vitamin C. Vitamin C ini berperan penting dalam pembentukan kolagen, yang mana kolagen memiliki fungsi untuk mempertahankan elastisitas kulit.

4. Mengendalikan kadar gula darah

Tahukah kamu bahwa orang yang menderita diabetes dilarang untuk mengkonsumsi nasi? Singkong biasa dijadikan alternatif untuk menggantikan nasi bagi orang-orang penderita diabetes. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang mampu memperlambat penyerapan kadar gula ke dalam aliran darah.

5. Mengurangi tekanan darah

Singkong mengandung potasium yang cukup tinggi. Terdapat 558 miligram potasium dalam singkong untuk kebutuhan harian 16% sampai 21%.

Baca Juga: Kaya Manfaat, Begini Tujuh Langkah Membuat Sirup Jahe

6. Bebas gluten

Bagi penderita celiac atau intoleran gluten, ia akan mengalami diare, sakit perut, dan kembung apabila mengkonsumsi makanan yang mengandung gluten.

Bagi penderita celiac, bisa menggunakan singkong sebagai alternatifnya. Karena singkong bebas gluten, rendah kalori, lemak, dan gula.

Claudia