blank
ilustrasi roti gandum. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Roti gandum utuh atau whole wheat bread yang dihasilkan dari tepung biji gandum utuh dengan tekstur yang sedikit kasar, dilansir dari Suara.com pada Rabu (7/12/2022).

Pada sebagian negara, roti gandum dilengkapi dengan biji-bijian di atasnya supaya tampilannya terlihat lebih menarik, sekaligus menambah kandungan nutrisi di dalamnya.

Merangkum dari SehatQ, Hellosehat, Doktersehat, Halodoc dan Alodokter berikut ini ada beberapa manfaat dari roti gandum yang wajib kamu ketahui:

Baca Juga: Lima Jenis Gandum yang Dapat Dikonsimsi

1. Melancarkan pencernaan

Selain lebih mengenyangkan, kandungan serat yang terdapat pada roti gandum utuh bisa membantu untuk melancarkan pencernaan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan serat makanan yang dapat menambah massa serta ukuran feses, sehingga bisa menjadi lebih lembut.

Alhasil, buang air besar pun akan menjadi lebih lancar dan mencegah sembelit. Itu sebabnya, roti gandum utuh seringkali dimanfaatkan untuk diet penurun berat badan karena sifatnya yang membantu melancarkan BAB.

2. Kalori lebih rendah

Kandungan nutrisi di dalam roti gandum memang lebih tinggi, tapi kalorinya justru lebih rendah, lho. Roti gandum bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kamu, namun dengan asupan kalori yang tidak terlalu tinggi.

Baca Juga: Baik untuk Kesehatan Jantung, Enam Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan

3. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan biji-bijian yang terdapat di dalam roti gandum bisa membantu kamu untuk menurunkan kadar kolesterol dan juga gula darah dalam tubuh. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari berbagai penyakit yang dapat memicu gangguan pada jantung.

4. Menambah asupan zat besi

Dua potong roti gandum bisa menambah 2,5 mg asupan zat besi untuk tubuh kami, lho. Apalagi, setiap harinya tubuh membutuhkan hampir sekitar 14,8 mg asupan zat besi. Zat besi memiliki manfaat untuk memproduksi sel darah merah, sehingga oksigen bisa mengalir ke seluruh anggota tubuh. Hal ini ni juga sekaligus dapat mencegah terjadinya anemia defisiensi zat besi.

5. Mengatasi depresi

Ternyata dengan mengonsumsi roti gandum secara rutin bisa mengatasi depresi, lho. Hal tersebut dikarenakan roti gandum bisa meningkatkan produksi hormon serotonin di dalam otak, sehingga bisa membantu untuk mengurangi gejala depresi.

Perlu diingat juga ya, meskipun manfaat roti gandum itu banyak dan juga sehat, tetapi jangan terlalu berlebihan saat memakannya karena bisa menyebabkan tingginya asupan sodium. Ada baiknya jika kamu mengimbangi nutrisi dengan memakan telur dan juga sayuran, ya.

Claudia