blank
ilustrasi gandum. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Bagi Anda yang menjalani program diet, tentu tidak akan asing dengan gandum. Dilansir dari Suara.com, biji-bijian yang masih satu keluarga dengan beras dan oat ini dikenal mempunyai kandungan karbohidrat dan juga serat yang baik untuk tubuh.

Merangkum dari Hellosehat, SehatQ dan KlikDokter, berikut ini adalah berbagai jenis gandum yang dapat kita konsumsi:

1. Hard wheat

Hard wheat masih dibagi lagi menjadi hard red winter, hard red spring, dan juga hard white. Pembagian ini dilakukan berdasarkan klasifikasi waktu tumbuh gandum di negara empat musim seperti Amerika Serikat.

Baca Juga: Empat Tips Mekeup Lebih Tahan Lama

Hard red winter merupakan gandum yang biasa dipakai untuk membuat roti atau tepung terigu. Jenis gandum yang satu ini juga kerapkali digunakan untuk membuat mi.Sedangkan jenis gandum hard red spring lebih sering digunakan sebagai bahan baku roti-roti khusus, seperti croissant, bagel, dan juga pizza.

2. Soft wheat

Soft wheat merupakan gandum yang mempunyai tekstur lunak serta kadar proteinnya lebih sedikit.Gandum ini lebih banyak dipakai untuk membuat kue, kukis, dan juga pastri. Selain itu, jenis gandum yang satu ini juga memiliki warna biji merah atau putih. bertekstur lebih lunak serta tidak mudah menyerap cairan.

3. Durum wheat

Durum wheat merupakan varietas gandum khusus yang mempunyai karakteristik berbeda dari dua jenis lainnya. Jenis gandum ini lebih condong memiliki biji warna kuning dengan tekstur yang keras.

Baca Juga: Lima Tips Tetap Sehat Selama Traveling

Semolina atau produk tepung dari durum wheat ini mengandung lebih banyak kadar protein dan juga gluten.Gandum ini banyak dipakai untuk pembuatan pasta, seperti spageti dan juga makaroni.

4. Gandum yang sudah diperkaya

Jenis gandum yang satu ini biasanya telah mengalami penambahan nutrisi yang sempat hilang saat proses penggilingan. Nutrisi tersebut biasanya berupa vitamin B.

Berdasarkan bentuk, warna, dan juga konsistensi, gandum yang telah diperkaya ini bisa terbagi menjadi beberapa jenis. Warna gandum bisa dibedakan menjadi merah dan juga putih. Untuk konsistensinya, ada gandum yang lebih keras dan juga ada yang lebih lunak.

5. Gandum Utuh

Gandum utuh memiliki kandungan nutrisi yang tinggi seperti selenium, kalium, dan juga magnesium. Jenis gandum utuh bisa kamu dapatkan di dalam makanan seperti nasi cokelat dan juga roti. Manfaat dari gandum utuh ialah menyehatkan saluran pencernaan sekaligus mencegah kanker.

Claudia