blank
Ilustrasi tape singkong. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tape singkong merupakan salah satu pangan hasil fermentasi yang memiliki rasa manis, sedikit asam dan sedikit mengandung alkohol dan berair. Tape singkong dengan perendaman sari buah nangka (SBN) diolah untuk mengembangkan pemanfaatan buah nangka yang umumnya mengandung senyawa fenolik dari golongan flavonoid.

Salah satu olahan singkong yang melegenda dan hits sampai saat ini adalah tape singkong. Tape singkong terbuat dari singkong yang diolah dengan melalui proses fermentasi.

Tape merupakan salah satu makanan yang baik dikonsumsi untuk mencegah konstipasi atau sembelit. Selain kandungan probiotiknya, manfaat ini juga dapat diperoleh dari kadar air dan serat di dalamnya yang cukup tinggi. Konsumsi makanan tinggi air dan serat dapat melembutkan serta memadatkan tinja.

Baca Juga: Dikenal Dengan Rasanya yang Pahit, Ini 6 Manfaat Daun Singkong dan Pepaya yang Baik untuk Kesehatan

Tape singkong memiliki rasa manis dan asam yang membuatnya digemari masyarakat. Makanan ini sangat populer terlebih lagi di pulau Jawa.

Selain dapat dinikmati secara langsung, tape singkong juga bisa diolah menjadi berbagai makanan lezat, lho. Seperti tape singkong bakar, bolen tape hingga campuran es yang tak kalah nikmat.

Ternyata selain nikmat, mengonsumsi tape singkong dengan jumlah yang pas juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan. Melansir dari halodoc.com, tape singkong mengandung banyak karbohidrat, kalori, kalsium dan fosfor yang diperlukan tubuh. Ada beberapa manfaat mengonsumsi tape singkong bagi kesehatan.

Baca Juga: Bunda Wajib Tahu! Ini 4 Manfaat Singkong bagi Kesehatan Balita

1. Sumber Energi

Seperti yang sudah diketahui, singkong merupakan sumber energi yang tinggi karbohidrat. Mengonsumsi tape singkong dapat membuat perut menjadi kenyang. Kandungan karbohidrat ini selanjutnya akan memcah protein dalam tubuh untuk menghasilkan energi.

2. Menghangatkan Tubuh

Tape singkong dapat membuat tubuh menjadi lebih hangat sehingga akan sangat nikmat jika dikonsumsi sat cuaca dingin. Hal ini disebabkan karena tape singkong mengandung sedikit alkohol yang membuat tubuh merasa lebih hangat. Tape singkong juga aman dikonsumsi oleh penderita demam.

3. Mencegah Anemia

Tape singkong mengandung vitamin B12 yang dapat mencegah tubuh kekurangan darah atau anemia. Vitamin B12 berperan penting dalam pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Setelah melalui proses fermentasi, kandungan vitamin B12 dalam singkong akan meningkat.

Baca Juga: Selain Mencegah Sembelit, Ini 5 Manfaat Singkong untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Tahu

4. Melancarakan Sistem Pencernaan

Proses fermentasi pada tape singkong akan membuat makanan satu ini mengandung banyak bakteri baik untuk menyehatkan sistem pencernaan. Ada banyak mikroorganisme yang membentuk kandungan probiotik yang bermanfaat untuk tubuh. Selain itu, kandungan asam laktat juga dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik yang dapat mencegah permasalahan pada pencernaan.

5. Mengatasi Jerawat

Siapa sangka jika makanan tradisional satu ini juga bisa mengobati permasalahan jerawat. Tape singkong diklaim mampu membantu pori-pori menjadi lebih bersih sehingga jerawat dapat lebih mudah diatasi. Cobalah mengonsumsi tape singkong dengan porsi yang pas dan menghindari makanan yang digoreng untuk mencegah jerawat.

Nah, itu dia 5 manfaat tape singkong untuk kesehatan. Meskipun memiliki banyak manfaat, megonsumsi tape singkong secara berlebihan juga dapat membahayakan kesehatan.

Claudia