Ust. Khoirul Manan dari Bimbingan & Pelayanan Islam (BPI) RSI Sultan Hadlirin

JEPARA (SUARABARU.ID) – Ada yang berbeda dari suasana Idulfitri di lingkungan RSI Sultan Hadlirin tahun ini. Jika tahun-tahun sebelumnya tidak ada salat Idulfitri, maka pada tahun ini, masjid Syifaul Janan RSI Sultan Hadlirin mengadakan salat Idulfitri untuk pertama kalinya.

Bertindak sebagai Khatib Salat Idulfitri adalah Ust. Khoirul Manan dari Bimbingan & Pelayanan Islam (BPI) RSI Sultan Hadlirin. Dalam kesempatan tersebut, ia menyampaikan khutbah dengan tema “Hakikat Fitrah Manusia”.

“Sesungguhnya saat dilahirkan, manusia memiliki potensi kebaikan. hhanya saja bisikan nafsu dan juga godaan dari luar dirinya sering membuat potensi tersebut meredup. Dan puasa Ramadan adalah upaya untuk kembali menghidupkan potensi itu seperti sediakala.

“Upaya untuk mengembalikan kita kepada fitrah, yaitu hambaNya. Itulah kenapa kita harus menjadi generasi Rabbani, bukan Ramadani, yang salih dan taat hanya di bulan Ramadan saja,” ujarnya

Dalam kesempatan terpisah, Ketua Komite Syariah RSI Sultan Hadlirin Jepara, Ahmad Fajar Inhadl, Lc, menyampaikan bahwa di antara alasan penyelenggaraan salat Idulfitri di lingkungan Rumah Sakit adalah upaya memberikan kenyaman beribadah bagi keluarga pasien yang sedang berada di RSI Sultan Hadlirin.

“Saat kita bergembira merayakan lebaran, di antara saudara kita ada yang terbaring sakit. Mereka tidak sendiri, ada juga anggota keluarga yang menemani. Agar keluarga pasien tidak kehilangan momentum salat Idulfitri, mereka bisa ikut serta melaksanakan salat Idulfitri di masjid RSI”, ungkap Fajar.

Semoga kegiatan ini bisa menjadi solusi bagi keluarga pasien dan juga karyawan agar mudah melaksanakan salat Idulfitri di lingkungan Rumah Sakit Islam Sultan Hadlirin.

Hadepe – Manan