Kapolsek Wonogiri Kota AKP Eka Purwanta (kiri), memberikan pembinaan kepada para pengusaha dan awak perahu wisata Waduk Gajahmungkur agar mengutamakan aspek safety untuk mewuwjudkan keselamatan pelayanan pelayaran.(Dok.Polsek Wonogiri Kota)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Pekan wisata lebaran di objek Wisata Tirta Waduk Gajahmungkur Kabupaten Wonogiri, mulai digelar Sabtu hari ini (22/4), dan diagendakan berlangsung selama 9 hari. Event tahunan ini akan dilaksanakan mulai Tanggal 22 sampai dengan 30 April 2023 mendatang.

Demikian dijelaskan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga (Disparpora) Kabupaten Wonogiri, Haryanto, dan Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Wisata Wonogiri, Pardianto.
Selama 9 hari berlangsungnya Pekan Wisata Lebaran, kepada pelancong disuguhi paket hiburan tambahan, yakni pentas musik berbagai genre yang menyajikan gelaran musik pop, keroncong. campursari, dangdut termasuk irama koplo dan rock.

Genre adalah kata serapan dari bahasa Inggris yang bila diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia secara harfiah menjadi aliran, gaya, atau macam. Genre menjadi pembagian ragam karya tertentu berdasarkan kriteria yang sesuai untuk bentuk sajiannya.

Agenda Sabtu hari ini (22/4) disajikan Rolan Jaya Music. Minggu (23/4) Elvano Music, Senin (24/4) Hana Music Entertaiment, Selasa (25/4) Relista Music. Berikut Rabu (26/4) Feri Akustik, Kamis (27/4) Relista Music, Jumat (28/4) Musik Rock, Sabtu (29/4) Simek Music dan Minggu (30/4) Rolan Music.

”Minggu 30 April 2023 akan diadakan acara kupatan,” jelas Haryanto. Yakni ritual membagi-bagikan kupat dalam jumlah banyak ke pengunjung, sebagaimana yang selama ini telah ditradisikan. Acara ini, akan diawali dengan prosesi kirab mengusung gunungan ketupat dalam jumlah banyak, ke lokasi panggung hiburan untuk kemudian disebarkan ke massa pengunjung.

Revitalisasi

Haryanto yang mantan Kabag Prokopim Pemkab Wonogiri, menjelaskan, tidak ada target tentang berapa banyak pengunjung di event pekan lebaran kali ini. Pasalnya, karena di lokasi bersamaan tengah ada pekerjaan projek revitalisasi.

Meski demikian, upaya pemberian pelayanan bagi pelancong tetap diupayakan secara maksimal. Termasuk pelayanan perahu wisata, tersedia sebanyak 30 unit perahu wisata yang siap memberikan pelayanan kepada para pelancong.

Pada event Pekan Lebaran Tahun 2022 lalu, objek wisata tirta Waduk Gajahmungkur Wonogiri yang berpusat di Pantai Sendang Asri, didatangi sebanyak 43 ribu pelancong. Dulu sebelum ada pandemi, jumlah pengunjung Pekan Lebaran Waduk Gajahmungkur Wonogiri paling tidak seratus ribu orang.

Di objek wisata andalan milik Pemkab Wonogiri ini, pelancong dapat bersantai bersama keluarga untuk menikmati aneka kuliner khas. Seperti Pecel Gendar, Bakmi Pentil, serta aneka macam menu ikan bakar dan ikan goreng, termasuk Wader Pari goreng.

Tidak seperti dulu, satwa gajah yang ada di Objek Wisata Waduk Gajahmungkur Wonogiri, tidak lagi diatraksikan untuk tunggangan kepada para pelancong.

Bambang Pur