blank
Para calon mahasiswa mengisi akun beasiswa KIP-K, setelah sosialisasi. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Peminat kuliah gratis di Universitas Pandanaran (Unpand) Semarang, saat ini terus berdatangan. Sejak kabar Unpand memfasilitasi calon mahasiswa baru dengan program kuliah gratis, yang didukung Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K), setidaknya sampai Selasa (18/4/2023), telah menjaring lebih dari 200-an calon mahasiswa baru.

Calon mahasiswa baru yang ikut mendaftar untuk kuliah gratis di Unpand itu, juga datang dari luar kota Semarang. Bahkan ada seorang calon mahasiswa yang berasal dari Surabaya.

Salah satunya, Etak, calon mahasiswa asal Surabaya. Dia menyempatkan datang ke kampus Unpand di Jalan Banjarsari Barat No 1, Pedalangan, Semarang, untuk mengikuti sosialisasi sekaligus mendaftar sebagai calon mahasiswa baru lewat program KIP-K.

BACA JUGA: UMS Resmikan Empat Gedung Baru untuk Dukung Pendidikan

”Saya dapat informasi kuliah jalur beasiswa KIP-K ini dari saudara. Semoga saja harapan saya untuk kuliah bisa tercapai,” kata perempuan yang bakal lulus SMA tahun ini.

Sasti, saudara Etak yang ikut datang mengantar pendaftaran menuturkan, latar belakang ekonomi keluarga Etak, ayahnya seorang marbot masjid. Sehingga dari segi biaya tidaklah cukup dana untuk bisa mengkuliahkan anaknya.

”Sehingga begitu mendapat informasi ini, saya minta keponakan saya ikut. Mudah-mudahan dengan beasiswa kuliah ini, bisa meningkatkan derajat orang tuanya,” kata dia menuturkan keponakannya itu, mengambil program studi S-1 Kewirausahaan.

BACA JUGA: Polda Jateng Beri Pengawalan Gratis untuk Pemudik Bermotor, Start dari Check Point di Brebes

Hal serupa dikemukakan Ayong, yang tahun ini bakal lulus dari SMK 4 Kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal. Siswa jurusan mesin ini tak membayangkan, bisa meneruskan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Hal itu dikarenakan, orang tuanya tidak mampu membiayai untuk kuliah.

Dia mengaku sangat bersyukur, dapat informasi beasiswa KIP-K di Unpand dari tetangganya. Dan tanpa membuang waktu, Ayong langsung memanfaatkan kesempatan itu untuk mendaftar.

”Sebelumnya tak ada bayangan untuk kuliah selulus SMK. Alhamdulillah, saya senang ada program kuliah gratis ini,” ucap calon mahasiswa asal Kaliwungu, Kendal itu, yang mengambil program studi D-3 Teknik Mesin, sesuai dengan jurusannya di SMK.

BACA JUGA: Polresta Surakarta Musnahkan Belasan Ribu Miras Illegal dan Ribuan Knalpot Brong

Sementara itu, Rektor Unpand, Agustien Zulaidah ST MT menjelaskan, program kuliah jalur beasiswa KIP-K di Unpand ini, memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK/sederajat atau lulus tahun 2021/2022/2023, yang tidak mampu secara ekonomi untuk bisa kuliah.

”Untuk program S-1, beasiswa akan diberikan selama delapan semester. Sedangkan untuk D-3 selama enam semester,” ujarnya, sambil menyebutkan Unpand memfasailitasi pembuatan akun KIP-K bagi calon mahasiswa baru, yang belum memiliki akun KIP-K.

Sedangkan Ketua Yayasan Abdi Masyarakat, Harini Krisniati menyatakan, kebijakan yang diberikan Unpand ini, untuk memfasilitasi sebanyak-banyaknya calon mahasiswa baru jalur beasiswa KIP-K. Program ini untuk membantu lulusan SMA sederajat, yang tidak berkesempatan kuliah karena keterbatasan biaya.

BACA JUGA: Menjelang Cuti Lebaran, Kakanwil Kemenkumham Jateng Beri Arahan Seluruh UPT di Lingkungan Kanwil

”Biaya kuliah bukan masalah. Selain subsidi SPP, mahasiswa akan mendapat uang saku per bulan Rp 950 ribu, yang akan ditransfer langsung satu semester atau tiap enam bulan, sebesar Rp 5,7 juta, yang masuk ke rekening mahasiswa,” terang Harini.

Dengan beasiswa KIP-K, jelas dia, mahasiswa bebas biaya SPI, SPP, SKS dan mendapatkan uang saku sampai lulus. ”Pendaftaran bisa lewat online atau offline, langsung datang ke kampus,” ungkap dia.

Saat ini Unpand membuka dua fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi yang memiliki program studi S-1 Manajemen, S-1 Akuntansi, S-1 Kewirausahaan, dan D-3 Administrasi Bisnis. Selain itu ada pula Fakultas Teknik yang memiliki program studi S-1 Arsitektur, S-1 Teknik Sipil, D-3 Teknik Mesin, dan D-3 Teknik Kimia.

Riyan