blank
Bangunan ini mirip rupa seekor ayam yang sedang duduk di tanah dan dikenal sebagai Gereja Ayam, padahal sebenarnya berbentuk  burung merpati. Insert: Nicholas Saputra dan Dian Sastro berada di mahkota bangunan dalam film AAdC. Foto: W. Cahyono-dan tangkapan layar youtube.

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID)- Kawasan sekitar Bukit Menoreh Kabupaten Magelang menyimpan sejuta panorama nan indah, berupa pemandangan alam maupun bangunan yang menarik wisatawan.

Salah satunya yakni Bukit Rhema atau yang lebih dikenal dengan nama Gereja Ayam yang ada di Dusun Gombong, Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Tempat wisata satu ini, sebenarnya bentuknya tidak seperti ayam melainkan mirip dengan seekor merpati. Namun, masyarakat setempat lebih mengenalnya dengan nama Gereja Ayam.

Meskipun namanya Gereja Ayam, tetapi bangunan yang didirikan Daniel Alamsjah pada tahun 1992 silam tersebut juga bukan merupakan gereja. Melainkan sebuah tempat bagi siapa saja yang ingin berdoa secara pribadi dengan suasana yang sangat hening.

Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa ruangan yang terletak di lantai bawah bangunan yang berada di dekat Bukit Punthuk Setumbu tersebut.

Ruangan–ruangan tersebut memang khusus untuk berdoa, karena  Bukit Rhema yang dikenal dengan Gereja Ayam tersebut, bukan merupakan sebuah gereja melainkan rumah doa bagi segala bangsa.

Selain dikenal sebagai tempat berdoa bagi seluruh bangsa, di dekat  bangunan tersebut juga didirikan Panti Rehabilitasi Narkoba dan Mental dan diberi nama Panti Rehab Bethesda.

Bangunan tersebut pernah tidak terurus dan sempat terhenti pembangunannya, karena saat itu (tahun 1998 silam) krisis keuangan melanda Indonesia. Namun, seiring berjalannya waktu, bangunan Gereja Ayam tersebut banyak dikunjungi wisatawan yang ingin menyaksikan matahari terbit.

Ada Apa dengan Cinta

Bukit Rhema tersebut sempat menjadi viral setelah digunakan sebagai salah satu tempat untuk syuting film nasional “Ada Apa Dengan Cinta 2” yang diperankan aktor Nicholas Saputra yang berperan sebagai Rangga dan Dian Sastro Wardoyo sebagai Cinta.