blank
Ilustrasi manfaat kurma yang jarang diketahui. Foto: Dok/klikdokter

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Buah kurma merupakan makanan yang mudah dijumpai, khususnya saat bulan Ramadan. Buah kurma juga digadang-gadang bisa menjadi sumber energi, khususnya untuk orang yang sedang dalam proses penyembuhan.

Karena buah kurma mengandung berbagai zat gizi, mulai dari serat, besi, hingga kalium. Itulah mengapa kurma memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Sebenarnya, masih banyak lagi manfaat kurma untuk kesehatan. Kamu dapat membedakan kurma segar dan kurma yang dikeringkan dengan melihat kulitnya.

Jika kulit kurma berkerut, berarti kurma tersebut sempat dikeringkan demi pengemasan yang baik. Apabila kulit kurma masih halus, artinya itu adalah kurma segar. Meski begitu keduanya tetap memiliki manfaat yang sama.

Dilansir dari klikdokter, kandungan yang ada di dalam kurma beragam, seperti karbohidrat, serat, protein, vitamin B6, besi, magnesium, dan kalium. Berkat kandungan tersebut, kurma memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

1. Mencukupi kebutuhan kalori
Karena sering kali dikeringkan, kadar kalori yang terkandung dalam kurma termasuk tinggi dibandingkan buah lain. Ini mirip dengan kismis dan buah ara.

Tubuhmu memerlukan kalori untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Tanpa energi yang cukup, sel-sel dalam tubuh tentunya akan terganggu.

2. Membantu mencukupi kebutuhan gizi
Kurma mengandung vitamin dan mineral di dalamnya. Mulai dari vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, vitamin K, serta zat besi, kalsium, magnesium, dan kalium.

Vitamin dan mineral termasuk mikronutrien. Artinya dibutuhkan tubuh dalam jumlah sedikit, namun tetap penting bagi kesehatan.

3. Menjaga kesehatan mata dan kulit
Jika ingin memiliki kondisi mata dan kulit yang selalu sehat, konsumsilah kurma bersamaan dengan buah-buahan lainnya.

Kandungan nutrisi yang ada dalam kurma dapat menurunkan risiko gangguan mata serta membuat kulit tetap elastis dan halus. Ini berkat zat asam pantotenat pada kurma, sehingga kulitmu tampak lebih segar dan glowing!