blank
Ilustrasi menu sehat untuk berbuka puasa. Foto: Dok/Halodoc

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Setelah menjalani puasa seharian, kamu perlu menyiapkan makanan sehat untuk berbuka puasa.

Dengan mengkonsumsi makanan sehat saat berbuka menjadi salah satu kebiasaan baik yang bisa membantu kamu mengembalikan energi untuk menjalani aktivitas selanjutnya.

Dilansir dari Halodoc, ada berbagai jenis makanan sehat yang bisa menjadi pilihan menu berbuka puasa kamu, mulai dari buah-buahan hingga sayuran hijau.

Makanan manis dan gorengan menjadi salah satu jenis makanan yang banyak digemari oleh masyarakat untuk berbuka puasa. Padahal saat berbuka puasa, kamu disarankan mengkonsumsi makanan sehat untuk mengembalikan energi hingga menjaga kesehatan pencernaan.

Bukan hanya dapat memicu gangguan pada pencernaan, salah mengkonsumsi jenis makanan saat berbuka juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan lainnya. Mulai dari diabetes dan tekanan darah tinggi, dua penyakit ini akan mudah terjadi jika kamu tidak menjaga pola makan dengan baik.

Ada beberapa jenis makanan sehat yang bisa kamu konsumsi saat berbuka puasa. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

1. Kurma

Kurma menjadi buah yang mudah ditemui ketika memasuki bulan puasa. Konsumsi kurma saat berbuka puasa menjadi hal yang baik, karena kurma mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Kurma mengandung karbohidrat sederhana yang bisa menjadi sumber energi untuk tubuh setelah berpuasa.

Kurma juga mengandung kalori, serat, protein, serta vitamin B6 yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan serat pada buah kurma juga bisa membuat kamu merasa kenyang lebih cepat sehingga kamu tidak mengonsumsi makanan secara berlebihan.

2. Telur

Telur menjadi salah satu jenis makanan yang mengandung protein cukup tinggi. Dengan mengKonsumsi telur saat berbuka puasa, kamu akan merasa kenyang lebih cepat, sehingga kamu bisa mengatur porsi makan malam agar tidak berlebihan.

3. Pisang

Makanan sehat lainnya yang baik untuk dikonsumsi saat buka puasa adalah buah pisang. Buah ini mengandung berbagai kandungan penting bagi kesehatan tubuh, mulai dari gula alami hingga serat. Jadi, tidak ada salahnya mengkonsumsi pisang saat berbuka puasa.

4. Ikan berlemak

Bingung menentukan menu buka puasa untuk keluarga? Sebaiknya pilihlah menu ikan sebagai hidangan berbuka puasa. Ikan adalah sumber protein dan vitamin B yang bisa membantu untuk mengembalikan energi setelah berpuasa selama satu hari.

Ikan seperti salmon, tuna, atau sarden menjadi jenis ikan yang mengandung lemak omega 3, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh siapa saja.

5. Sayuran hijau

Sayuran hijau, seperti kale dan bayam menjadi sayuran yang baik untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa. Kandungan protein dan antioksidan di dalamnya membuat kamu menjadi lebih bertenaga setelah seharian berpuasa. Kamu bisa menjadikan sayuran hijau sebagai salad atau menu makanan lainnya dengan lauk yang sehat.

6. Daging ayam

Daging ayam bagian dada tanpa kulit menjadi makanan sehat yang bisa untuk buka puasa. Kamu bisa mengkonsumsi daging ayam panggang dengan kentang rebus atau kentang tumbuk. Jangan lupa menambahkan salad sayur agar kebutuhan serat juga dapat terpenuhi dengan baik.

Itulah jenis-jenis makanan sehat untuk buka puasa. Jika kamu mengalami gangguan pencernaan selama berpuasa, jangan ragu untuk berkonsultasi kepada dokter. Semoga bermanfaat!

Ning S