blank
Ilustrasi buah kurma. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Bulan puasa tidak terasa sebentar lagi tinggal menghitung hari saja. Pasti dari kalian sudah membayangkan makanan-makanan apa saja yang bisa kamu hidangkan dan makan bersama dengan keluarga.

Memakan gorengan memang sangat menggiurkan di bulan puasa, terlebih kalau diperhatikan di sore hari banyak banget pedagang gorengan yang berjualan di sepanjang jalan, ini membuat kamu semakin tergoda untuk membeli.

Kamu pasti akan merasa bosan bila harus setiap hari membeli atau membuat gorengan untuk berbuka, terlebih gorengan juga tidak baik bagi kesehatan tubuh jika terus-menerus dikonsumsi.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Ngantuk dan Lemas Saat Bepuasa

Dilansir dari Suara.com, tapi kamu tidak perlu khawatir, ada banyak sekali makanan yang bisa kamu nikamti saat berbuka puasa, seperti makanan-makanan ini.

1. Kurma

Pasti kamu tidak asing lagi dengan buah yang satu ini. Buah ini menjadi salah satu makanan yang mudah banget kamu temui saat memasuki bulan puasa.

Bentuk dan warnanya yang unik menjadikan buah ini paling identik di antara buah yang lain, terlebih rasanya yang begitu manis.

Mengonsumsi kurma saat berbuka puasa adalah pilihan yang tepat sebab selain Nabi Muhammad SAW menganjurkan, kandungan nutrisi yang terdapat di kurma juga menjadi salah satu alasan, karena kurma mengandung karbohidrat, protein serta vitamin yang bisa menjadi sumber energi tubuh setelah berpuasa.

Baca Juga: Selaian Mendapatkan Pahala, Yuk Cari Tahu 5 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Kulit

Kamu bisa mengonsumsinya 2 atau 3 kurma setelah meminum air putih terlebih dahulu.

2. Kolak

Kalau kamu enggak doyan kurma, kolak bisa menjadi pilihan makanan untuk berbuka puasa. Kolak merupakan makanan manis yang terbuat dari santan dan gula merah. Ini termasuk makanan yang banyak digemari orang-orang untuk berbuka puasa.

Isian dari kolak sendiri beraneka macam bahan ada ubi, pisang, kolang-kaling, singkong. Bahannya yang mudah dibuat menjadikan kolak ini menjadi pilihan terbaik untuk berbuka, kamu bisa nikmati saat hangat ataupun dingin dan cocok banget dimakan bareng keluarga.

3. Roti Bakar

Roti bakar bisa menjadi menu makanan terbaik buat dihidangkan saat berbuka nih. Rasanya yang lembut dan manis dari varian isian favoritemu bisa mengoda iman banget, apalagi aroma harum dari si roti bakar ini.

Baca Juga: Ini Tips Berpuasa bagi Lansia

Kamu bisa membelinya atau membuat sendiri, bahannya yang hanya menggunakan 2 bahan bisa kamu buat sebanyak mungkin untuk orang di rumah.

4. Martabak Telur

Sebelumnya makanan manis, kali ini ada makanan asin dan gurih. Yaps, martabak telur, bahan dasar yang terbuat dari telur dan daun bawang ini juga merupakan pilihan yang harus banget kamu coba untuk dinikmati saat berbuka puasa.

Rasanya yang asin, gurih ditambah cocolan sambal dan acar serta harumnya yang semerbak membuat kamu semakin tidak sabar untuk dimakan.

5. Salad Buah

Makanan segar yang terbuat dari beberapa potongan buah-buahan cocok banget buat berbuka puasa, sensasi segar dari buah-buahan bisa menjadi hidangan yang digemari oleh anggota keluarga.

Baca Juga:Kapankah Sebaiknya Doa Berbuka Puasa? Sebelum atau Sesudah Makan? Yuk Simak…

Selain bagus buat kesehatan tubuh, salad buah ini bisa kembali menghadirkan semangat untuk melanjutkan aktivitas yang sebelumnya merasa kurang bertenaga setelah berpuasa.

Kamu bisa membuat di rumah dengan resep yang sederhana dan juga bisa menambahkan bahan pelengkap sesuai seleramu. Salad buah ini cocok banget kamu nikmati dalam keadaan dingin, sensasi segar serta manis dari si buah membuat kamu pasti akan ketagihan.

Nah, itu tadi beberapa makanan yang bisa kamu hidangkan dan nikmati saat berbuka puasa. Semoga bermanfaat!

Claudia