blank
Ilutrasi mengantuk saat berpuasa. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Bulan Ramadan segera tiba, tidak terasa dalam beberapa hari kedepan kita akan melaksanakan ibadah puasa.

Bulan ini selalu identik dengan sesuatu yang menyenangkan, tapi tak jarang pula kita menemukan kendala saat melaksanakannya. Salah satu kendala saat melaksanakan puasa adalah ngantuk dan lemas di siang hari.

Cuaca yang panas ditambah dengan perut lapar dan tenggorokan yang kering, sering membuat kita merasa lemas dan ngantuk. Tidak dapat dimungkiri, di hari biasa saja kita sering mengalami, apalagi ini dalam keadaan berpuasa.

Baca Juga:Selaian Mendapatkan Pahala, Yuk Cari Tahu 5 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Kulit

Dilansir dari Suara.com tapi jangan khawatir, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi rasa ngantuk dan lemas saat berpuasa.

1. Tidur

Kadang-kadang memang tidak ada obat ngantuk sebaik tidur. Jadi, jika kamu merasa ngantuk dan lemas dalam kondisi berpuasa, lebih baik segera tidur. Tidak harus lama, 5-10 menit saja itu sudah cukup unruk mengisi lagi energi yang terkuras.

2. Cuci Muka

Kalau kamu mengantuk tapi dalam kondisi tidak bisa tidur, bisa juga dengan mencuci muka. Membasuh muka dengan air akan membuat kita merasa segar kembali. Hati-hati saat menggunakan air jangan sampai masuk ke dalam tubuh karena dapat membatalkan puasa.

3. Lakukan Peregangan

Seperti hari-hari biasanya, ngantuk bisa disebabkan karena kondisi badan yang lelah. Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan peregangan seleama 5-10 menit agar otot-otot kembai rileks. Bisa juga dengan jalan-jalan keliling ruangan.

Baca Juga: Ini Tips Berpuasa bagi Lansia

4. Atur Waktu dan Kegiatan dengan Baik

Agar tidak mudah mengantuk di siang hari, aturlah waktu dan kegiatanmu dengan baik, kapan waktu istirahat, kapan waktu ibadah, dan kapan waktu bekerja.

Jangan forsir tubuh terlalu berlebihan hingga lupa istirahat, badan yang terlalu lelah atau kurang tidur bisa menyebabkan kita mudah mengantuk.

5. Memutar Musik

Tidak hanya membantu mengantar tidur, musik juga bisa membuat kita tidak mudah mengantuk. Memutar musik up beat dan bekerjalah sambil bernyanyi. Ini akan membuatmu merasa lebih bersemangat.

Itulah 5 cara mengatasi ngantuk saat puasa. Meskipun tidak bisa makan dan minum, tapi kita tidak boleh menjadikan hal tersebut alasan untuk bermalas-malasan.

Claudia