blank
Ilustrasi. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARI.ID)- Tidak terasa sebentar lagi kita akan menunaikan ibadah puasa bagi umat muslim akan menyambut bulan Ramadan. Bulan ini merupakan bulan yang paling ditunggu karena banyak keberkahan di dalamnya.

Dilansir dari Suara.com selama bulan Ramadan, umat muslim diwajibkan untuk menjalankan puasa selama sebulan penuh. Selain mendapatkan pahala, ternyata puasa juga memiliki manfaat bagi kesehatan kulit.

Selain itu, puasa juga bermanfaat bagi kecantikan kulit. Puasa adalah cara tubuh mengganti sel-sel kulit mati dan rusak dengan lebih mudah sehingga segera diganti dengan sel baru yang lebih sehat.

Baca Juga: Ini Tips Berpuasa bagi Lansia

Sehingga puasa membuat kulit menjadi lebih terawat, menghindarkan jerawat, keriput, komedo dan permasalahan kulit lainnya.

Dilansir dari Healthline, berikut lima manfaat puasa bagi kesehatan kulit.

1. Mengurangi Jerawat

Ketika kamu berpuasa, maka dalam tubuh terjadi proses regenerasi sel. Hal ini tentu berdampak positif bagi kesehatan kulit. Selain itu, dengan berpuasa aktivitas kelenjar minyak juga dapat menurun.

Sehingga, dapat mengurangi produksi sebum yang menjadi penyebab jerawat. Agar kamu mendapatkan manfaat ini, kamu juga perlu mengurangi asupan makanan yang tinggi gula saat sahur maupun berbuka.

2. Penyembuhan Luka

Puasa juga ternyata memiliki manfaat untuk membantu proses penyembuhan luka pada kulit. Hal ini dikarenakan, puasa dapat membantu meregenerasi sel dalam tubuh, termasuk di kulit. Jika ada sel-sel yang rusak akan diganti dengan yang baru dan prosesnya berlangsung secara cepat.

Baca Juga: Kapankah Sebaiknya Doa Berbuka Puasa? Sebelum atau Sesudah Makan? Yuk Simak…

3. Mengurangi Peradangan

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat membuat kulit wajah mengalami peradangan. Namun, dengan berpuasa maka peradangan yang terjadi dapat berkurang. Pasalnya, saat puasa jumlah antioksidan di dalam tubuh meningkat sehingga dapat membantu melawan radikal bebas penyebab peradangan pada kulit.

4. Detoksifikasi Kulit

Saat puasa, tentunya asupan kalori akan berkurang. Hal ini bermanfaat untuk menyeimbangkan metabolisme tubuh dan meningkatkan kadar antioksidan. Sehingga dapat terjadi proses detoksifikasi kulit. Detoksifikasi ini dapat memperbaiki kondisi kulit dan meredakan beberapa masalah pada kulit, seperti psoriasis, eksim, atau jerawat.

5. Mengurangi Tanda Penuaan Dini

Manfaat terakhir puasa bagi kesehatan kulit adalah dapat membantu mengurangi tanda penuaan dini. Saat berpuasa, kadar zat antioksidan dalam tubuh meningkat. Sehingga dapat membantu menangkal radikal bebas, mengurangi kerutan di kulit hingga mencegah munculnya tanda penuaan yang lain. Tak hanya itu, puasa juga dapat mempengaruhi keseimbangan mikrobioma sehingga kulit tampak menjadi lebih bersih dan sehat.

Nah, itulah sederet manfaat puasa bagi kesehatan kulit. Selain mendapatkan pahala, ternyata puasa juga dapat membuat kulit menjadi lebih sehat dan tampak awet muda. Yuk semangat puasa!

Claudia