blank
Ilustrasi. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tak terasa, sebentar lagi kita akan melaksanakan puasa Ramadan 2023. Saat puasa Ramadan, ada sejumlah amalan yang bisa dilakukan, salah satunya baca doa buka puasa. Lantas, sebaiknya doa buka puasa dibaca kapan? Sebelum atau sesudah makan?

Mungkin anda belum tahu waktu yang tepat baca doa buka puasa. Simak berikut ini penjelasan doa buka puasa dibaca kapan, apakah setelah satau sebelum makan.

Diketahui, bulan Ramadan adalah bulan dimana umat muslim diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa Ramadan sebulan penuh. Bukan hanya menahan lapar dahaga, berpuasa juga membantu kita menjauh dari hal-hal berbau maksiat atau hawa nafsu.

Baca Juga: Bolehkah Berpuasa Tanpa Sahur? Yuk Simak Selengkapnya

Dilansir dari Suara.com,berpuasa dilalukukan dari terbit fajar hingga matahari terbenam. Saat tiba waktu berbuka, dianjurkan untuk segera berbuka puasa sebagaimana bunyi hadis Rasulullah SAW seperti berikut ini:

“Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Lantas, bagaimana bacaan doa buka puasa? Adapun bacaan doa buka puasa dan artinya yakni sebagai berikut.

Doa Buka Puasa dan Artinya

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa’ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin.

Artinya: “Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah, dan sengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmatMu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih.

Baca Juga:Lima Tips Mengajarkan Anak Berpuasa Sejak Dini

Waktu yang Tepat Baca Doa Buka Puasa

Setelah mengetahui bacaan doa berbuka puasa, apakah kamu juga sudah tahu doa buka puasa dibaca kapan? Apakah harus dibaca sebelum atau sesudah makan?

Melansir dari situs NU Online, waktu yang paling benar membaca doa buka puasa yaitu sesaat setelah selesai buka puasa atau memakan makanan berbuka. Ini sebagaimana keterangan Syekh Abu Bakar Muhammad Syatha dalam kitab Hasyiyah I’anah at-Thalibin.

“Maksud dari (membaca doa buka puasa) “setelah berbuka” adalah selesainya berbuka puasa, bukan (dibaca) sebelumnya dan bukan saat berbuka,”

Selain itu, pijakan dalil lainnya yang menyebutkan bahwa membaca doa buka puasa paling tepat yaitu sesaat setelah buka puasa ada dalam hadis seperrti di bawah ini;

Dzahabadh dhama’u wabtalatl-‘uruqu wa tsabata-l-ajru insya-allah.

Artinya: “Telah hilang rasa haus dan urat-urat telah basah serta pahala tetap, insya Allah.” (HR Imam Abu Daud)

Jadi kesimpulannya, doa buka puasa dibaca kapan yaitu doa buka puasa dibaca sesaat setelah buka puasa atau setelah menyantap makanan berbuka. Semoga informasi ini bermanfaat.

Claudia