blank
Ilustrasi anak belajar berpuasa. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Puasa merupakan kewajiban yang harus dijalankan umat muslim saat bulan Ramadan. Untuk muslim yang sudah akil baligh tentunya puasa bukan perkara yang sulit untuk dilakukan. Berbeda dengan anak-anak yang secara mental dan fisik belum siap.

Sebagai orang tua sudah sepatutnya mengajarkan anak berpuasa sejak dini, tapi tentu saja semuanya disesuaikan dengan usia si kecil dan tidak perlu paksaan yang keras.

Dilasnir dari Suara.com, beritahu pada anak Anda bahwa puasa merupakan kewajiban bagi setiap muslim, karenanya semua muslim harus menjalankannya dengan penuh keikhlasan.

Baca Juga: Selain Melancarkan Peredaran Darah, 4 Manfaat Mengonsumsi Teh Saat Sahur dann Berbuka Puasa

Agar anak Anda mulai mengenal apa itu puasa, simak cara mengajarkan puasa pada anak sejak dini seperti yang dilansir dari Halodoc berikut ini.

1. Mulai dari puasa setengah hari

Fisik anak yang belum terlalu siap mungkin tidak sanggup untuk berpuasa sehari penuh. Dalam hal ini orang tua perlu memakluminya. Solusi yang terbaik untuk mengajarkan anak di usianya yang tergolong belum akil baligh yaitu berpuasa setengah hari. Akan tetapi jika anak juga belum cukup kuat hingga setengah hari, maka tidak apa-apa puasa dalam beberapa jam saja setelah itu baru dilanjutkan kembali.

2. Puasa makanan tertentu saja

Cara lain yang bisa dilakukan orang tua untuk mengajarkan puasa pada anak ialah membatasi anak untuk tidak makan beberapa jenis makanan kesukaannya seperti cokelat, es krim, atau makanan ringan lainnya. Selain mulai melatih puasa pada anak, membatasi makanan ringan juga bisa membuat pola makan anak lebih sehat.

3. Lakukan kegiatan menyenangkan saat ngabuburit

Untuk membuat anak merasa senang dan tidak bosan, ajaklah anak mengisi waktu selama berpuasa, seperti menonton, membaca komik, atau jalan-jalan sore sembari menunggu waktu berbuka jika anak sudah mulai puasa sehari penuh.

Baca Juga: Jarang Diketahui Banyak Orang, 4 Manfaat Puasa bagi Kesehatan

4. Berikan makanan kesukaan ketika berbuka

Ketika berbuka puasa, berilah anak Anda makanan kesukaannya. Turuti apa yang anak mau agar ia menjadi terpacu untuk berpuasa lagi keesokan harinya.

5. Beri reward saat Hari Raya Idul Fitri tiba

Walau anak Anda belum sepenuhnya berhasil puasa selama sebulan penuh, tidak ada salahnya berikan ia reward atas pengalaman pertamanya berpuasa. Anda bisa memberikan hal yang anak sukai seperti mainan atau makanan yang disukai.

Setiap orang tua tentu memiliki caranya masing-masing untuk mengajarkan anaknya berpuasa pertama kali. Semoga cara tersebut di atas bisa sedikit membantu orang tua yang masih bingung untuk memulai mengajarkan anaknya berpuasa. Tetap semangat ya parents!

Claudia