blank
Sumur milik keluarga Sarno di Dusun Eromoko Wetan, Desa dan Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri, menyemburkan air ke atas permukaan. Fenomena alam ini kini menjadi perbincangan hangat masyarakat.(Dok.Sunyoto)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Bersamaan dengan hujan deras yang turun beruntun belakangan ini, telah memunculkan fenomena alam yang mengundang perhatian masyarakat. Sumur milik warga di  Eromoko Wetan RT 5/RW 3, Desa dan Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri, menyemburkan air dengan debit yang deras.

Semburan airnya, membludak (meluber) deras keluar dari lubang sumur tanpa henti. Luberan airnya melompati bodongan (dinding sumur bagian atas permukaan tanah), terbuang ke sekitar sumur.

Fenomena yang tidak lazim itu, kini menjadi perbincangan hangat masyarakat. Tokoh masyarakat Kecamatan Eromoko, Sunyoto, Rabu (8/3), menyatakan, sumur itu milik keluarga Almarhum Sarno. Lokasinya di arah barat Pasar Eromoko, Kabupaten Wonogiri.

Sunyoto yang dulu pernah menjabat Camat dan menjadi Anggota DPRD Kabupaten Wonogiri ini, menyebutkan, dulu sumur itu awalnya kering saat datang musim kemarau.

Oleh pemiliknya, kemudian digali lagi lebih dalam, sampai menyentuh lapisan batu keras. Ketika lapisan batu keras itu dipecah, mendadak mengeluarkan sumber air dari dalam tanah. Selanjutnya, bila datang musim penghujan, menyeburkan air dalam debit besar ke atas permukaan, melompati bodongan sumur.

”Tiba saatnya nanti datang musim kemarau, semburan airnya berangsur susut dan menjadi normal kembali,” ujar Sunyoto. Para tokoh masyarakat menyebutkan, air yang menyembur itu berasal dari aliran sungai dalam tanah yang mengalir dari wilayah Gunung Pangonan. Lokasi Gunung Pangonan berada di sebelah barat Dusun Eromoko.

Bambang Pur