blank
Personel prajurit TNI-AD dari Koramil-06 Batuwarno Kodim 0728 Wonogiri, tampil memimpin kerja bakti untuk membantu korban bencana tanah bergerak di Dusun Mendung, Desa Sendangsari, Kecamatan Batuwarno, Kabupaten Wonogiri.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Para personel TNI-AD dari Koramil-06 Batuwarno Kodim 0728 Wonogiri, Rabu (8/3), memimpin kerja bakti di lokasi bencana tanah bergerak. Lokasinya di Dusun Mendung RT2/RW 4 Desa Sendangsari, Kecamatan Batuwarno, Kabupaten Wonogiri.

Danramil-06 Batuwarno Kapten (Inf) Suraji dan Batuud Peltu Dedi Kurniawan, melalui Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri Pelda Indra, menyatakan, kerja bakti fokus dilaksanakan di rumah warga yang rusak. Yakni rumah milik Misman (52) di Dusun Mendung, Desa Sendangsari, Kecamatan Batuwarno, Kabupaten Wonogiri.

Kerja bakti yang juga melibatkan pamong desa dan warga masyarakat ini, dilakukan dalam upaya membantu menyingkirkan puing-puing material rumah yang rusak. Juga memindahkan isi perabotan rumah tangga ke lokasi yang aman. Kerja bakti massal ini, dilakukan melalui gotong royong.

Sebagaimana pernah diberitakan, rumah Misman rusak parah akibat dampak adanya bencana tanah bergerak. Tanah bergerak itu, telah menimbulkan keretakan di sejumlah titik. Kejadiannya berlangsung bersamaan dengan turunnya hujan deras berkepanjangan, yang kemudian memunculkan fenomena alam terjadinya gerakan tanah dan garis-garis keretakan di sejumlah tempat.

Kepada warga masyarakat diseru untuk meningkatkan kewaspadaannya, utamanya bila turun hujan deras dalam tempo lama. Sebab, tanah di lokasi tersebut kini menjadi labil dan berpotensi memunculkan becana susulan.

Bila dirasa membahayakan, warga masyarakat diimbau untuk mengungsi ke rumah tetangga yang lokasinya aman. Bersamaan itu, mereka juga diimbau untuk mewaspadai bencana hidrometereologi seperti tanah longsor dan angin kencang pemicu terjadinya puting beliung.

Bambang Pur