Sumbangsih TNI khususnya Kodam IV/Diponegoro dalam mengawal program bangga kencana dan percepatan penurunan stunting cukup signifikan. Berbagai program dan kegiatan telah dilaksanakan di tahun 2022.

Program-program itu di antaranya Penggerakan Pelayanan KB TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan, Sosialisasi dan KIE bersama TNI serta Pengukuhan Pangdam IV/Diponegoro dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana sebagai Bapak/Bunda Asuh Anak Stunting pada 10 Oktober 2022 yang lalu.

Hal tersebut dilakukan hingga melibatkan para Babinsa di lapangan untuk ikut serta menggerakkan dan menyadarkan masyarakat untuk membangun keluarga yang berketahanan serta mencegah  stunting pada keluarga-keluarga berisiko stunting.

Kepala BKKBN dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) dalam sambutannya menyampaikan bahwa langkah BKKBN menjalin kemitraan dengan berbagai pihak telah sejalan dengan pesan Presiden RI.

“Pesan dari Bapak Presiden yang disampaikan di Rakernas BKKBN bahwa kita harus melibatkan semua pihak mitra-mitra yang ada termasuk TNI POLRI organisasi-organisasi swasta NGO dan lainnya termasuk perguruan tinggi dan juga masyarakat  oleh karena itu kita mengadakan Rakornis untuk menindaklanjuti pesan Bapak Presiden untuk melibatkan semua pihak yang ada,” kata Kepala BKKBN.

Untuk menuju target Presiden RI, yakni prevalensi stunting di bawah 14%, Dokter Hasto mengajak segenap pihak untuk bekerja lebih keras. Sebab target tahunan yang harus diturunkan adalah 3,8%.

Dalam upaya ini, Kepala BKKBN memaparkan data yang menunjukkan bahawa pemberian ASI eksklusif, sumber protein hewani dan konseling gizi berperan penting pada pencegahan stunting pada anak.

Pada Kesempatan terpisah, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah menyampaikan bahwa TNI mempunyai sumberdaya yang diperlukan untuk mendukung Bangga Kencana dan Percepatan Stunting.

Mulai dari Babinsa sebagai tenaga penggerak, tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan milik TNI pun mencukupi untuk memberikan layanan keluarga berencana pada masyarakat.

Pertemuan tingkat nasional tersebut dibuka oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P,disaksikan Panglima TNI periode 2021-2022 Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa, S.E., M.A., M.Sc., M.Phil., Ph.D., jajaran TNI, POLRI, Tim Penggerak PKK, Ikatan Bidan Indonesia, APINDO, dan BKKBN Pusat serta Provinsi.

Tatas-wied