blank
Bubuk kopi mencegah hama berlendir mendekat pada tanaman. Foto: Dok/Berkeluarga.id/Envato

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Agar tanaman dapat tumbuh subur dan sehat salah satunya dengan diberi pupuk. Tidak perlu repot mencari atau membeli pupuk, sebab kita bisa menggunakan ampas kopi untuk tanaman hias di rumah.

Pemberian pupuk merupakan salah satu hal penting yang tidak boleh dilupakan dalam merawat tanaman hias. Selain dengan membeli pupuk yang dijual di pasaran, kamu juga bisa menggunakan ampas kopi untuk tanaman hias di rumah.

Ampas kopi mengandung nitrogen dan nutrisi penting yang baik untuk menjaga kesuburan tanaman hias. Lantas, apa saja manfaat ampas kopi untuk tanaman hias?

Dilansir dari Berkeluarga.id telah merangkum 5 manfaat ampas kopi untuk tanaman hias. Simak yuk…

1. Menjadi pupuk tanaman
Pasti kamu sering mendengar bahwa ampas kopi bisa digunakan untuk pupuk kompos tanaman. Ternyata penggunaan ampas kopi sebagai pupuk itu benar.

Dijelaskan dari laman Healthline, sebuah penelitian menyebutkan, ampas kopi mengandung nutrisi yang baik untuk tanaman hias. Bahkan kabarnya, ampas kopi diklaim sebagai pupuk kompos kualitas terbaik dan ekonomis.

2. Kandungan pH netral
Ampas kopi mengandung kandungan pH netral pH 6,9. Angka inilah yang kemudian menjadi sumber energi dan nutrisi tambahan agar tanaman dapat tumbuh subur dan sehat. Selain itu, tanaman berbunga yang diberi ampas kopi pun akan menghasilkan bunga dengan warna cerah dan cantik.

3. Mengusir hama
Salah satu musuh tanaman hias adalah hama. Bukan dengan bahan kimia, ternyata ada bahan alami yang ampuh mengusir hama pada tanaman hias, yaitu ampas kopi.

Seperti yang kita tahu, kopi mengandung kafein. Nah, kandungan kafein pada kopi inilah yang bekerja melindungi tanaman agar terhindar dari hama. Bukan hanya ulat dan serangga, ampas kopi juga bisa untuk melindungi tanaman dari siput dan bekicot.

4. Membantu menyuburkan tanaman
Ampas kopi juga dapat membantu menyuburkan tanaman. Namun, siapa sangka jika di sini cacing juga turut berperan penting dalam menyuburkan tanaman bersama dengan ampas kopi?

Jarang diketahui, ternyata cacing menyukai kandungan mineral penting yang ada pada ampas kopi, seperti kalsium, kalium, fosfor, dan masih banyak lagi. Nantinya, kandungan nutrisi itu akan diserap oleh cacing-cacing tanah.

Diketahui, cacing tanah yang mendapatkan nutrisi sehat akan bekerja optimal dalam menyuburkan tanaman hias di rumah. Menarik banget, bukan?

5. Ampas kopi mencegah jamur tanaman
Manfaat ampas kopi lainnya adalah membantu mencegah jamur pada tanaman. Tentu saja manfaat satu ini tidak jauh-jauh berkat adanya kandungan kafein di dalamnya.

Bukan hanya bermanfaat agar tanaman hias tumbuh sehat, kandungan kafein pada kopi juga dapat menangkal infeksi jamur. Kita hanya perlu menaburkan sisa ampas kopi pada batang dan pangkal tanaman secara rutin 2 minggu sekali.

Jangan asal memberikan ampas kopi untuk tanaman

Meskipun ampas kopi diklaim bermanfaat bagi tanaman hias, namun bukan berarti kita bisa asal menaburkannya. Pasalnya, ada kalanya kopi justru menghambat pertumbuhan tanaman hias, karena kandungan kafein di dalamnya.

Oleh karena itu, lebih baik mengetahui jenis tanaman hias di rumah guna mengetahui cocok dan tidaknya menggunakan pupuk ampas kopi. Biasanya, ampas kopi lebih cocok dengan tanaman hias bunga, atau tanaman yang tumbuh di tanah dengan kandungan asam yang tinggi.

Perhatikan baik-baik agar kamu bisa mendapatkan manfaat ampas kopi pada tanaman hias di rumah sepenuhnya.

Ning Suparningsih