blank
Mahasiswa KKN Undip lakukan Relayout Interior Perpustakaan

(SUARABARU.ID)- Perpustakaan merupakan hal penting di lingkungan sekolah dasar. Sebagai pusat pustaka, perpustakaan berperan dalam meningkatkan minat literasi siswa-siswi sekolah dasar.

Oleh sebab itu, kenyamanan dalam perpustakaan harus diperhatikan dengan seksama. Kenyamanan dalam perpustakaan dapat diperoleh melalui penataan layout furniture interior yang baik dan menarik.

Perpustakaan SDN Kaligangsa Kulon 02 sudah memiliki set furniture yang lengkap, hanya saja penataannya dinilai kurang sehingga menyebabkan kurangnya minat siswa dalam berkunjung ke perpustakaan.

Baca Juga: Tingkatkan Kreativitas Siswa, Mahasiswa KKN Undip dirikan Pojok Baca di SDN Kaligangsa Kulon 02

Melihat permasalahan tersebut, Tim 1 KKN Undip mencoba menyumbangkan ide melalui Relayout Interior Perpustakaan SDN Kaligangsa Kulon 02.

Set furniture yang tadinya ditata menempel di dinding, dirubah sedemikian rupa sehingga tampak menarik. Ditambahkan pula ruangan bernama pojok baca berupa tempat membaca lesehan yang dapat digunakan untuk kegiatan membaca, diskusi, dan belajar bersama.

Presentasi relayout interior perpustakaan ini dilaksanakan pada Selasa (24/01/23) di Ruang Kepala Sekolah SDN Kaigangsa Kulon 02. Presentasi ini dihadiri oleh Bapak Muktiada selaku kepala sekolah, Bapak Hafiz, dan Bapak Royani.

Baca Juga: Pentingnya Bahasa Inggris, Mahasiswa KKN Undip Perkenalkan Metode dan Cara Pemaparannya

Hasil relayout interior perpustakaan yang dilakukan oleh Tim 1 KKN Undip diberi apresiasi yang positif oleh pihak sekolah. Menurut mereka, hasil relayout merupakan sebuah inovasi yang bisa membuat perpustakaan SDN Kaligangsa Kulon 02 lebih ramai.

Penulis: Gunawan Wicaksono (Fakultas Teknik – Arsitektur)
Dosen Pembimbing : Retna Hanani, S.Sos., MPP.
Hafidh Khoerul Fata, S.Si., M.Si.
DR. Kardison Lumban Batu., SE., MSc
Lokasi KKN : Desa Kaligangsa Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah