blank
President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, menyampaikan capaian kinerja selama 2022, Senin (13/2/2023).

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) sepanjang tahun 2022 mencatatkan pertumbuhan pelanggan serta pengguna 4G di wilayah regional Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Tak hanya itu saja, di satu tahun pertama pascamerger perusahaan di tahun 2022, IOH juga terus mendorong pertumbuhan industri telekomunikasi dan ekonomi digital Indonesia dengan performa yang solid.

Dalam laporan kinerja keuangan untuk kuartal keempat dan satu tahun penuh yang berakhir pada 31 Desember 2022, perusahaan mencatat pertumbuhan yang sangat baik dengan total pendapatan naik sebesar 48,9% YoY atau Rp31.388,3 miliar menjadi Rp46.752,3 miliar.

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, mengatakan, pelanggan seluler perusahaan meningkat 62,5% menjadi 102,2 juta dengan pertumbuhan lalu lintas data sebesar 91,8% di tahun 2022, berkontribusi pada kenaikan pendapatan Data sebesar 61,3% dibanding tahun sebelumnya.

“Kami senang dapat mengumumkan pencapaian keuangan dan operasional di tahun pertama IOH resmi beroperasi di Indonesia. Seluruh indikator menunjukkan hasil yang positif, kami dapat menunjukkan nilai sinergi ke seluruh pemegang saham dan stakeholder, dan semua ini dapat terwujud berkat dukungan dan kepercayaan mereka,” katanya, Senin (13/2/2023).

Mewakili perusahaan, Vikram berkomitmen untuk terus menghadirkan pengalaman yang mengesankan ke seluruh pelanggan setia, meningkatkan produktivitas, dan berkontribusi pada pertumbuhan industri telekomunikasi dan ekonomi digital Indonesia di masa depan.

Saat memberikan keterangan pers, Vikram mengatakan, cakupan jaringan perusahaan juga meningkat seiring dengan peningkatan jumlah BTS 4G yang mencapai 137 ribu, sehingga mampu menangani peningkatan trafik yang tinggi.

Dirinya menjelaskan, integrasi jaringan perusahaan sesuai target, bahkan di seluruh wilayah Jabodetabek telah selesai lebih cepat sehingga dapat memberikan pengalaman digital yang lebih baik bagi pelanggan.

IOH juga masih memperluas jangkauan jaringan dan pelayanan yang jauh lebih baik, termasuk jaringan 5G. Sampai awal tahun ini, jaringan 5G IOH telah menjangkau 8 kota yakni Jakarta, Karawang, Bandar Lampung, Surakarta, Surabaya, Balikpapan, Makassar, dan Bali.

Adapun untuk pertambahan jumlah pelanggan IOH di wilayah Regional Central and West Java (CWJ) tercatat mengalami peningkatan 65% per akhir Desember 2022 dibandingkan tahun sebelumnya.

BTS 4G di Regional CWJ juga meningkat 85% pada akhir Desember 2022 dibandingkan tahun sebelumnya. Hal tersebut berpengaruh pada peningkatan pengguna layanan 4G IOH di Regional CWJ sebesar 58% dengan lalu lintas data yang meningkat 72% di periode yang sama.

“Kami optimis bahwa IOH dapat menyediakan akses teknologi, komunikasi, dan informasi terbaik bagi masyarakat Indonesia. Dipandu oleh tujuan yang lebih besar, kami akan terus menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia dengan mempercepat transformasi digital Indonesia,” tutup Vikram.

Hery Priyono