blank
Ilustrasi solo traveling. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Orang bilang, kita perlu melakukan solo traveling minimal sekali seumur hidup. Ungkapan itu bukan hanya sekadar tren semata, tapi ada berbagai penelitian yang menyebutkan bahwa bepergian sendiri ini mendatangkan banyak manfaat.

Menurut laman situs Traveloka, kegiatan satu ini bisa membantumu mengenal diri sendiri, meningkatkan kepercayaan diri, dan melatih mengambil keputusan dan bertanggung jawab atas keputusan itu sendiri, membangun jaringan pertemanan yang lebih luas, dan melatih kemandirian.

Nah, dilansir dari Suara.com bagi kamu yang tertarik solo traveling naik kereta api, ada tips yang bisa kamu ikuti. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Baca Juga: Agar Tak Cepat Rusak, Yuk Simak 8 Tips Menjaga Kesehatan Baterai Smartphone

1. Hindari Bepergian saat High Season

Bagi solo traveler, bepergian di musim puncak liburan sebaiknya dihindari agar kamu bisa menikmati momen liburan di tempat yang lebih lapang dan tidak ramai. Di musim ini, penumpang kereta api juga tidak begitu ramai.

Dengan begitu, staf kereta api bisa memberikan pelayanan maksimal karena tidak begitu banyak penumpang yang perlu dilayani.

2. Packing Barang Bawaan Sebaik Mungkin

Pertimbangkan berapa lama kamu traveling sebab ini mempengaruhi berapa banyak perlengkapan yang perlu kamu bawa.

Setelah itu, packing barang bawaan serapi mungkin. Sebelum itu, buat daftar barang bawaan dan pastikan barang-barang tersebut adalah barang yang memang dibutuhkan. Pilih pakaian yang sesuai dengan cuaca di tempat yang kamu tuju.

Baca Juga: Empat Tips Memilih Durian Agar Tidak Tertipu

Agar mobilitasmu lebih mudah, kategorikan barang bawaanmu ke dalam barang yang sering digunakan setiap saat, dan barang yang hanya digunakan di saat-saat tertentu.

Masukan barang tersebut ke dalam tas yang berbeda. Gunakan tas jinjing untuk menyimpan barang bawaan yang dibutuhkan nanti. Lalu, gunakan tas lain yang lebih kecil untuk menyimpan barang yang dibutuhkan setiap saat. Hal ini akan memudahkanmu dalam mencari barang-barang tersebut.

3. Siapkan Nomor Telepon Penting dan Berikan Salinan Rencana Perjalanan

Rencana perjalanan adalah sesuatu yang akan dibutuhkan agar perjalananmu lebih terarah. Cantumkan nomor tempat kamu menginap dan nomor darurat untuk diri sendiri.

Berikan Salinan rencana perjalananmu lengkap dengan nomor kontak dan keterangan tempat yang kamu kunjungi pada keluarga atau teman. Hal ini untuk mengantisipasi kejadian tak terduga selama dalam perjalanan solomu.

Baca Juga: Tak Bisa Lepas dari Cokelat? Simak Lima Tips Mengonsumsi Cokelat Tanpa Khawatir

4. Hindari Minum Obat Antimabuk dan Menerima Makanan dari Orang Asing

Saat bepergian sendiri, sebaiknya hindari minum obat anti mabuk yang membuat tidur. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan risiko tindakan kriminal yang bisa saja menghampirimu di perjalanan.

Alih-alih minum obat, lakukan teknik pernafasan untuk menenangkan diri, menghilangkan stres, sehingga membuat diri lebih rileks.

Pikir ulang untuk menerima pemberian makanan dan minuman dari orang tak dikena. Lakukan evaluasi dan pelajari situasi tempatmu berada dan orang yang kamu temui di perjalanan kereta atau di tempat tujuanmu.

Nah, itulah tips solo traveling naik kereta api yang bisa kamu praktikan. Melakukan perjalanan sendiri seperti ini lebih dari kegiatan self healing yang menyenangkan, tapi juga bisa menumbuhkan jiwa yang berani dan belajar menghargai perbedaan. Happy traveling!

Claudia