blank
Ilustrasi durian montong. Foto: Durian montong (pixabay)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Memasuki musim durian seperti sekarang ini, kita banyak menemui pedagang di pinggir jalan yang menjajakan duren dari berbagai varietas. Mulai yang manis sampai yang agak pahit dengan kadar alkohol tinggi.

Sebagai orang yang gemar makan durian dan terlanjur merogoh kocek dalam, tentunya kita tak mau salah pilih. Buah yang disebut rajanya buah alias King of Fruit ini memang banyak diburu saat sedang musimnya.

Dilansir dari Suara.com, ada banyak jenis durian yang bisa ditemui di seluru Indonesia, mulai yang lokal hingga yang didatangkan dari negara tetangga seperti Musang King yang populer di Malaysia. Namun bagaiamna cara memilih agar tidak tertipu?

Baca Juga: Cocok saat Cuaca Panas, Yuk Simak Resep Es Lilin Potong Durian

Tips Memilih Durian Biar Tidak Tertipu

1. Cium Baunya

Ciri khas buah durian adalah baunya yang tajam dan menyengat. Buah yang sudah matang akan mengeluarkan bau yang lebih tajam. Belakangan, diketahui jika pedagang duria ada yang curang dengan menyeprot bau durian agar semakin menyengat.

Agar tak tertipu, jangan mencium durian dari bagian atas atau bawah buahnya. Cium di punggung durian dengan dibatasi jari tangan, karena durian yang matang akan mengeluarkan bau dari bagian punggungnya.

2. Periksa Batangnya

Salah satu cara yang bisa dipakai dalam memilih buah durian adalah dengan mengecek batangnya. Buah dengan kualitas bagus memiliki batang yang masih segar.

Baca Juga: 4 jenis Penyakit Tanaman Durian yang Jarang Kita Ketahui

Kalian bisa mencakar batang durian dengan kuku tangan dan melihat apakah batang sudah layu atau segar. Jika layu, tinggalkan durian itu dan cari buah yang lain, yang lebih bagus.

3. Angkat Durian

Seperti yang kita ketahui, durian yang matang pohon adalah durian yang memiliki kualitas kematangan paling baik. Lalu bagaimana cara memilihnya? Cukup mudah, yaitu angkat buah durian yang disebut matang pohon oleh penjualnya.

Jika buahnya lebih ringan maka besar kemungkinan itu matang pohon karena buah yang dipetik sebelum matang akan terasa lebih berat dibanding yang matang pohon.

Selain itu durian matang pohon lebih mudah dibuka dengan pisau. Cukup dengan menusuknya di bagian bawah dan diputar maka kulit buahnya akan terbelah dengan mudah.

Baca Juga: Mudah Terasa Hambar? Yuk Simak 5 Tips Menyimpan Buah Durian

4. Makan di Tempat

Tips paling paten adalah jangan bawa pulang durian yang dibeli. Buka dan makan di tempat memilih, maka kita bisa mengembalikannya jika durian yang dipilih ternyata tidak bagus.

Beberapa tempat sekarang mulai bersaing dengan memberi garansi durian pengganti jika durian yang mereka jual tak sesuai ekspektasi. Makan di tempat adalah solusi paling benar untuk menikmati durian anti zonk. Itulah tips memilih durian biar tidak tertipu. Semoga bermanfaat.

Claudia