blank
Buah Durian. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Durian merupakan tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, sekaligus nama buahnya yang bisa dimakan. Nama durian diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan tajam sehingga menyerupai duri.

Buah durian sendiri mengandung kalsium, kalium, serta vitamin B1 dan B2 yang dapat memberikan berbagai macam nutrisi penting yang sangat dibutuhkan untuk menjaga dan mempertahankan kesehatan tulang dang gigi. Buah durian juga mengandung sumber vitamin C yang cukup tinggi.

Yuk simak beberapa tips menyimpan durian yang benar.

1. Menyimpan durian berada dalam suhu ruangan

Pastikan untuk hanya menyimpan durian selama dua hari apabila durian tersebut sudah matang karena ditakutkan durian akan terlalu matang sehingga rasanya menjadi kurang enak apabila disimpan melebihi dua hari.

2. Pisahkan daging durian dengan bijinya agar lebih tahan lama

Untuk menjaga ketahanan dari durian yang sudah terbuka ini, pisahkanlah daging dan bijinya dalam tempat yang terpisah. Cara ini dilakukan untuk menghindari adanya kontaminasi zat daging durian dari bijinya. Selain itu, membuat daging durian lebih lembut ketika disimpan di ruangan pendingin.

3. Masukan daging durian ke dalam wadah kedap udara

Setelah daging buah durian dipisahkan dari bijinya, lalu masukanlah ke dalam wadah yang kedap udara. Mama bisa menggunakan kotak makan atau memasukkannya pada plastik lalu diikat kuat.

Pastikan wadah atau plastik tersebut tidak memiliki celah untuk masuknya akses udara. Hal ini dikhawatirkan kulit tipis pada bagian luar durian akan mengering, dan lebih buruknya lagi yaitu cepat membusuk.

Perlu dipahami bahwa daging buah durian yang terpapar langsung dengan udara terbuka, kandungan gulanya akan secara alami melakukan fermentasi. Proses tersebut akan mengubah kandungan gula menjadi cuka yang akhirnya membuat buah menjadi busuk.

Itulah penyebab dari pentingnya menyimpan daging buah durian dengan cara yang tepat agar tetap segar.

4. Simpan di dalam freezer

Freezer merupakan tempat yang tepat untuk menyimpan daging buah durian. Hal ini dikarenakan suhu dingin pada tempat tersebut, mampu memperlambat proses pembusukan dan menambah kesegaran buah. Sebagai salah satu buah yang memiliki aroma sangat menyengat, pisahkanlah durian dengan bahan makanan lain agar tidak saling terkontaminasi.

Cara ini harus diperhatikan saat menyimpan buah di freezer, salah satunya dengan pengaturan suhu. Idealnya suhu yang digunakan sekitar -15 hingga -20 derajat celcius. Tujuannya untuk menjaga kualitas dan proses pembekuan pada durian akan tetap maksimal.

5. Jika sudah dikeluarkan dari freezer, jangan dimasukan kembali

Untuk mengurangi risiko daging durian terpapar langsung dengan udara terbuka, sebaiknya jangan terlalu sering membawa buah ini keluar masuk dari freezer. Hal ini akan memicu terjadinya perubahan rasa durian dari proses kimia. Maka dari itu, alangkah baiknya segera habiskanlah buah durian jika kamu ingin menikmati dengan rasa yang segar dan asli.

Itulah beberapa cara menyimpan durian. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan bisa terapkan di rumah, ya.

Claudia